Dana PAUD Antar “FT” Cs ke Dalam Penjara

ESN, bitung – Kejaksaan Negeri Bitung berhasil mengungkap kasus dugaan korupsi penyalahgunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) bantuan operasional penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sempat terdiap sekian tahun.

Setidaknya ada dua pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Bitung. Kedua tersangka tersebut adalah FT (52) yang merupakan oknum pejabat di teras Pemkot Bitung, dan MK (44) yang berprofesi sebagai kontraktor.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Bitung Ariana Juliastuty SH MH melalui Kasi Intel Budi Kristiarso SH, Keduanya digelandang Kejaksaan ke rumah tahanan (Rutan) Malendeng, Manado oleh pihak Kejaksaan Negeri Bitung.

“Dilakukan penahanan terhadap tersangka FT alias Ferdi dengan Surat Perintah Penahanan Nomor : 852/ P.1.14/Ft.1/08/2019 Tanggal 08 Agustus 2019 dan tersangka MK alias Maxi dengan Surat Perintah Penahanan Nomor : 853/ P.1.14/Ft.1/08/2019 Tanggal 08 Agustus 2019 ditahan selama masa 20 (dua puluh) hari”, ucap Kasi Intel Budi Kristiarso SH, pada awak media, Kamis (8/7/2019).

Budi menjelaskan, penahanan tersebut dilakukan usai penyerahan Tahap II berupa tersangka dan barang bukti dari Polres Bitung. Kata Budi, karena perbuatan FT, negara dirugikan sebesar Rp.557.346.152.

“Total kerugian negara sebesar Rp.557.346.152. Tersangka FT sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung Tahun 2016, dan sekarang sebagai Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bitung, sedangkan Tersangka MK menjabat Sebagai Direktur CV. Purnama Indah wakil  Intan Pariwara Grup,”jelasnya.

Budi menambahkan, bahwa kedua tersangka diduga melanggar  Pasal 2 Ayat (1) subsidiair Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan  Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke -1 KUH Pidana.

“Kedua  tersangka dibawa ke Rutan Malendeng Kelas II A Manado dengan pengawalan petugas Intelijen Kejari Bitung pada jam 15.30 Wita menggunakan 3 (tiga) unit mobil dan tiba di Rutan Malendeng Kelas II A Manado serta diterima oleh petugas Rutan pada pukul 16.45 Wita dengan situasi aman dan terkendali,”pungkasnya.

(eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s