Wabup RD hadiri Konsultasi Regional Pulau Sulawesi dalam Penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024

ESN, Manado – Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Robby Dondokambey (RD) menghadiri kegiatan Konsultasi Regional Pulau Sulawesi dalam Penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 se-Sulawesi yang dilaksanakan Kementerian PPN/Bappenas, Senin (5/8/2019) di Manado.

Kegiatan yang dibuka Wakil Gubernur Sulut, Steven O E Kandouw ini dalam rangka penguatan Perencanaan Pembangunan seperti yang diamanatkan dalam Peraturan No 17 Tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional.

Dalam Penyusunan RPJM tahun 2020-2024 dengan dilakukan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spemasial (THIS) yang didukung dengan penganggaran berbasis program (money follows program).

Materi tematik untuk penentuan tema-tema prioritas, holistik untuk pencapaian prioritas nasional melalui koordinasi serta pemerintah daerah, dengan intregritas antar bebagai program/kegiatan untuk mencapai prioritas nasional dan sosialisasi dalam perencanaan kegiatan.

Juga mempertimbangkan keterkaitan antar wilayah untuk sasaran prioritas nasional.

Adapun Prinsip prinsip tersebut dapat diwujudkan dalam rangka penyusunan RPJMN 2020-2024 melalui berbagai tahapan penting, antara lain penyusunan Background Study, sebagai landasan akademis yang memotret kondisi kinerja dan tantangan pembangunan secara objektif.

Adapun pendukung lainnya dalam rancangan teknokratik yang dimutakhirkan menjadi Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 yang didalamnya mengadopsi dan menjabarkan visi misi presiden terpilih, termasuk menampung arahan RPJMN, dengan prioritas pembangunan daerah dan target SDG sebagai komitmen global.

Dalam forum konsultasi regional ini ada tujuh agenda pembangunan disampaikan, yakni memperkuat ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas. Kedua mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan & menjamin pemerataan.

Kemudian mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing, membangun kebudayaan dan revolusi mental dan memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi & pelayanan dasar.

Selain itu, membangun lingkungan hidup, dan meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim. Berikut memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

“Tujuan penyelenggaraan Konsultaisi Regional ini adalah, Memberikan masukan subtantif dan terfokus pada setiap agenda pembangunan, sebagai bahan penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 dengan menyelaraskan target dalam 7 agenda pembangunan nadioanl dengan prioritas pembangunan daerah per pulau besar,” kata  Sekretaris Menteri PPN/Bappenas Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf, saat menyampaikan materi dalam konsultasi regional.

(Mrcl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s