Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring resmikan dua gereja baru di Paroki St. Petrus Langowan

 

Advertorial – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi, Minggu (30/6/2019) siang meresmikan dua gedung gereja yang baru di Paroki St. Petrus Langowan yang ada di Desa Teep Kecamatan Langowan Timur dan Desa Kaayuran Atas Kecamatan Langowan Selatan.

Hal itu dilakukan bersamaan dengan momentum pemberkatan Gereja Katolik Sta. Maria Goretty Stasi Teep dan St. Yohanes Pembaptis Stasi Kaayuran Atas serta Penerimaan Sakramen Krisma.

Adapun Misa dalam perayaan syukur tersebut dipimpin langsung oleh Uskup Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC yang dipusatkan di lokasi Gereja Katolik St. Yohanes Pembaptis Kaayuran Atas.

Dalam khotbahnya, Uskup Rolly Untu menekankan bahwa yang dimaksudkan Tuhan Yesus dengan bait Allah itu bukanlah sekedar gedung gereja seperti yang sudah diberkati, melainkan yang terutama yaitu diri manusia itu sendiri.

“Gedung gereja memang menjadi salah satu sarana kehadiran Tuhan melalui kegiatan peribadatan dan persekutuan umat. Akan tetapi bait Allah yang sesungguhnya adalah manusia itu sendiri,” ungkap Uskup Rolly Untu.

Ditambahkannya, khusus kepada anggtoa umat yang akan menerima Sakramen Krisma mendapatkan kekuatan dan semangat untuk bangun dan melakukan segala bentuk kebaikan yang memiliki nilai bagi banyak orang terutama Tuhan.

Setelah khotbah, rangkaian liturgi dilanjutkan dengan penerimaan Sakramen Krisma, dimana berdasarkan keputusan panitia pelaksana dan Pastor Paroki, maka diberikan nama Krisma Benedictus dan Benedicta.

Untuk pendamping Krismawan dan Krismawati dipercayakan kepada Keluarga Kaligis-Jacob dari Wilayah Rohani Kristu Raja Pusat Paroki, dimana bepak kepala keluarga Recky Kaligis mengemban tugas juga sebaga ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut.

Penerimaan Sakramen Krisma diberikan kepada 149 orang yang terdiri dari anak-anak usia remaja, pemuda dan orang dewasa yang berasal dari Pusat Paroki, Stasi Noongan, Kawatak, Totolan, Kakas dan T-3.

Dalam sambutanya, Uskup Rolly Untu memberikan apresiasi atas kontribusi Pemerintah Provinsi Slawesi Utara dan Juga Pemerintah Kabupaten Minahasa yang terus berkomitmen untuk menopang pembangunan tempat-tempat ibadah yang ada di Kabupaten Minahasa.

“Atas nama Uskup Manado dan seluruh umat khususnya yang ada di Kabupaten Minahasa termasuk Paroki St. Petrus Langowan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian pemerintah yang sudah diberikan kepada gereja dan umat Katolik,” kata Uskup Rolly Untu.

Sementara itu, Bupati Minahasa Royke Roring saat memberikan sambutan kembali menegaskan bahwa Pemkab Minahasa sangat berkomitmen untuk terus menopang program-program pembangunan tempat ibadah yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa.

Menurutnya, di tahun 2019 ini melalui APBD Perubahan bahkan pada APBD tahun 2020 mendatang, program bantuan ke gereja-gereja dan tempat ibadah umat beragama lain akan tetap dijalankan, bahkan jika memungkinkan akan ditingkatkan.

“Selamat kepada umat Katolik St. Petrus Langowan khususnya di Stasi Sta. Maria Goretty Teep dan St. Yohanes Pembaptis Kaayuran Atas yang sudah bisa memiliki sarana peribadatan yang baru. Selamat juga kepada anggota umat Katolik yang sudah menerima Sakramen Krisma. Sebagai pemerintah,” ungkap Roring.

Usai sambutan, Uskup Manado Rolly Untu bersama Bupati Minahasa Royke Roring berkenan menandatangani prasasti untuk peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Sta. Maria Goretty Stasi Teep dan St. Yohanes Pembaptis Stasi Kaayuran Atas serta dilanjutkan dengan peninjauan ke dalam gedung gereja.

“Apa yang kurang dari pembangunan dua gedung gereja yang sudah diberkati dan diresmikan ini nanti bisa disampaikan dan pemerintah akan berupaya untuk membantunya,” ucap Bupati kepada Pastor Paroki St. Petrus Langowan Noldy Karamoy Pr.

(AdvertorialAds)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s