Kendaraan Ditarik Leasing, Potensi Pajak Berkurang

images (2)

ESN, Bitung – Kota Bitung memiliki potensi pajak kendaraan mencapai Rp 60 an miliar per tahunnya dari ribuan unit kendaraan yang ada di Kota Bitung.

Meski jumlah kendaraan kian bertambah, namun potensi pajak kendaraan bisa berkurang, bahkan hilang karena kendaraan ditarik oleh pihak penyedia jasa pembiayaan (Leasing).

Seperti yang diungkapkan Kepala Samsat Bitung Audy Pangau yang menuturkan, selama ini pihaknya sering melakukan himbauan kepada leasing maupun showroom untuk membayarkan pajak dari sejumlah kendaraan yang ditarik dari konsumen.

IMG_20190611_121215

  • Kepala Samsat Bitung Audy Pangau

Menurut Pangau, selama ini pihak leasing enggan melaporkan terkait sejumlah kendaraan yang telah mereka tarik. Pasalnya leasing atau showroom harus bertanggungjawab atas pajak kendaraan tersebut, mengingat kendaraan tersebut sudah terdaftar di samsat.

“Harusnya leasing atau showroom yang menarik kendaraan dari konsumen membayar pajak kendaraan tersebut, karena kendaraan kan sudah terdaftar”, kata Pangau.

Pangau juga menuturkan, meski potensi pajak kendaraan bisa berkurang karena ditarik leasing, namun pihaknya optimis bisa mencapai target PAD dari pajak kendaraan.

Menurutnya, hingga bulan mei tahun 2019 ini, capaian PKB di Bitung mencapai 42,99% atau sekitar Rp.26.999.494.232 dari target Rp.62.807.493.262.

“Kita optimis bisa mencapai terget itu, memang butuh kerja extra untuk mencapai target tersebut”, tutur Pangau.

(eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s