Jelang Ramadhan Harga Bahan Pokok Merangkak Naik, Disperindag Akan Gelar Operasi Pasar

IMG_20190503_174645

ESN, Bitung – Jelang Ramadhan, harga bahan pokok mulai merangkak naik di beberapa pasar di Kota Bitung.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bitung Beny Lontoh. Menurut Lontoh, setiap menjelang acara-acara keagamaan, memang sering terjadi kenaikan harga.

“Memang setiap menjelang acara keagamaan seperti Natal atau Lebaran, sering terjadi kenaikan yang cukup signifikan, seperti halnya ketika memasuki bulan Ramadhan”, tutur Lontoh melalui via WhatsApp, Jumat (03/05).

IMG_20190503_174625

  • Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bitung Benny Lontoh

Kepada media ini Lontoh juga menuturkan, beberapa bahan pokok seperti cabe dan bawang putih, ada kenaikan signifikan karena suplay barang ke pasar berkurang.

“Namun untuk bahan pokok seperti beras, berdasarkan info dan pengecekan langsung ke gudang dolog Bitung, stok sangat cukup tersedia”, kata Lontoh.

Terkait hal itu, Lontoh mengaku sudah memberikan arahan kepada kepala-kepala pasar, untuk terus memantau ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar di Kota Bitung. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi suplay bahan pokok ke pasar.

“Sudah saya arahkan semua kepala-kepala pasar untuk memantau ketersediaan bapok di pasar-pasar, sehingga dapat diantisipasi suplai bahannya”, tambahnya.

Ditambahkan Lontoh lagi, Pihaknya sudah menginformasikan ke pihak yang berkepentingan, bahwa dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan operasi pasar agar dapat mengurangi tekanan harga-harga bahan pokok.

Sementara terkait peristiwa kebakaran pasar Girian beberapa waktu lalu, Lontoh mengatakan, bahwa kejadian itu hanya memberi pengaruh singkat, karena pedagang yang tidak terkena dampak kebakaran tetap berjualan seperti biasa.

“Saat inipun pedagang-pedagang pasar girian sudah mulai membangun kembali kios dan lapaknya”, tutup Lontoh.

(eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s