MaMa Hadiri Lounching Integrated Criminal Justice System (ICJS) Kejari Bitung

IMG-20190430-WA0046

ESN, Bitung – Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban,SE, MSi bersama Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM, menghadiri Kegiatan Launching dan Sosialisasi Integrated Criminal Justice System (ICJS) yang diprakarsai Kejaksaan Negeri Bitung di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Wali Kota Bitung, Selasa (30/4).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan bahwa Era Revolusi Industri 4.0 telah memberi dampak yang luar biasa sehingga merambah ke seluruh aspek kehidupan manusia, diantaranya ialah Pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Makin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat Pemerintah Daerah semakin gencar berlomba-lomba untuk menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau berpacu membangun sistem Kota Pintar (Smart City),” tutur Lomban.

Lanjutnya, dalam rangka mewujudkan Smart City, pemanfaatan jaringan internet menjadi semakin penting, bukan saja untuk kepentingan berselancar di dunia siber tetapi juga untuk layanan informasi dan data bagi publik, serta untuk menghubungkan pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan dunia usaha dan hubungan antar-instansi pemerintah.

Kompak dengan Wali Kota Bitung, Mantiri mengatakan bahwa Kota Bitung terus berbenah untuk memacu kemajuan penerapan E-Gov dan Smart City dengan adanya penyediaan jaringan internet berbasis fiber optik milik Pemerintah Kota Bitung, tersedianya Command Room, serta pengembangan aplikasi SPBE atau E-Gov dan Smart City yang diantaranya juga dengan melaunching Aplikasi Integrated Criminal Justice System yang bekerja sama dengan pihak Kejaksaan Negeri Bitung.

“Yang juga harus menjadi perhatian bagi semua aparatur Pemerintah Kota Bitung untuk mendukung serta merespon cepat setiap pengaduan yang disampaikan masyarakat, ” pesannya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Bitung mengatakan bahwa untuk menunjang program pemerintah Kota Bitung menuju Smart City merupakan tanggung jawab dan tantangan bersama selaku warga negara terlebih khusus yang ada di Kota Bitung,

“Sehingga atas semangat itu Kejaksaan Negeri Bitung terpanggil untuk memenuhi apa yang dibutuhkan Kota Bitung dengan meluncurkan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana terintegrasi (Integrated Criminal Justice System), ” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Lomban bersama Mantiri juga meluncurkan Aplikasi Layanan Pengaduan yaitu Bitung Bahari Balapor (Balapor), Aplikasi Layanan Simda Keuangan berbasis Internet, Aplikasi IPTV atau B3TV sebagai Aplikasi Siaran Televisi berbasis internet protokol, dan Aplikasi SiSKA sebagai layanan kamera CCTV yang ada di puluhan titik di Kota Bitung.

Turut hadir Unsur Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sulawesi Utara, Kapolres Bitung AKBP Stevanus Tamuntuan, SH,MH, Kepala Kejaksaan Negeri Bitung Ariana Juliastuti, SH,MH, Ketua Pengadilan Negeri Bitung Muhamad Alfi Usup, SH,MH, Kepala Lapas Bitung Danang Agus Triyanto, BC.IP,S.Sos, MH, Kepala Imigrasi Bitung Lexi Mangindaan, Kepala Perangkat Daerah Kota Bitung.

(eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s