Berkunjung ke ‘KEK’, Bea Cukai Bitung Bersama Administrator KEK Gelar Diskusi

IMG_20190329_063324

ESN, Bitung – Sebagai bentuk wujud keseriusan Bea Cukai dalam hal fasilitas kepabeanan pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Direktorat Fasilitas Kepabeanan yang diwakili oleh Emi Ludiyanto Kepala Seksi Fasilitas KEK dan Kawasan Khusus lainnya, beserta tim, mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus Bitung, Kamis (28/03) .

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2014, untuk memperoleh informasi terkait perkembangan KEK Bitung dan implementasi pemanfaatan kepabeanan serta permasalahannya.

Dalam kunjungan tersebut juga digelar Forum Group Discussion antara Bea Cukai dengan Administrator KEK Bitung, serta Badan Usaha Pengelola KEK Bitung (PT. Membangun Sulut Hebat) di Kantor Administrator KEK Bitung .

Dalam kesempatan tersebut Kepala Administrasi KEK Bitung Andrias Tirayoh menjelaskan, sudah ada beberapa perusahaan yang sudah terdaftar di administrasi KEK .

“Saat ini di KEK Bitung sudah ada tiga perusahaan yang terdaftar di Administrasi KEK Bitung yaitu PT. Futai Sulawesi Utara, PT. Pasific Ocean dan PT. Indojaya Fortuna dan salah satu perusahaan yaitu PT. Futai sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan fasilitas kepabeanan yaitu pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor ” ungkap Andrias .

Sementara pihak Bea Cukai melalui Kepala Seksi Fasilitas KEK dan Kawasan Khusus Lainnya Emi Ludiyanto mengatakan, pihaknya akan fokus memonitor persiapan KEK Bitung terutama kesiapan Bea Cukai Bitung, dimana pintu masuk dan keluar barang harus diawasi dengan baik, serta semua pergerakan barang harus tercatat dan tersistem dengan baik dan rapi .

“Dengan pemberian fasilitas KEK ini tentu saja kita mengharapkan dampak yang positif ke negara yaitu meningkatkan perekonomian daerah, menambah lapangan kerja dan tentu saja menambah penerimaan negara ” ujar Emi .

Setelah rangkaian kegiatan di Kantor Administrator KEK Bitung dilanjutkan dengan pengecekan langsung ke PT. Futai Sulawesi Utara untuk melihat kondisi langsung perusahaan tersebut .

(eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s