Tangis Haru Warnai Temu Kangen Mangindaan Bersama Warga Eks Maluku

IMG_20190328_091634

ESN, Bitung – Ungkapan syukur dan rasa yang mengharu biru mewarnai ibadah temu kangen mantan Gubernur Sulawesi Utara Letnan Jenderal TNI (Purn) E.E. Mangindaan bersama warga eks Maluku, yang diadakan di Kelurahan Sagerat Weru ll Kec Matuari, Kota Bitung, Rabu (27/03) .

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Gubernur Sulut periode 1995-2000 itu turut didampingi oleh istri tercinta Adelina M Tumbuan beserta rombongan, yang mendapat sambutan hangat serta haru dari para warga eks Maluku yang saat ini sudah mendiami tiga perumahan yakni Perum Agape Indah, Perum Agape Permai dan Perum Asri .

Pendeta Vivi Mamentu Lasut, mengajak kepada seluruh warga eks Maluku agar selalu bersyukur kepada Tuhan, yang telah mengirimkan orang seperti E.E Mangindaan, yang peduli akan nasib para pengungsi akibat konflik horizontal yang terjadi beberapa tahun silam .

“Beliau yang menyambut dan menerima warga maluku, bersyukur karena Tuhan mengirimkan orang yang mau peduli, merasa sebagai saudara, terlibat langsung senasib sepenanggungan, merasa itu adalah saudara dan terasa sampai saat ini. Inilah seorang pemimpin yang selalu mengandalkan Tuhan” katanya .

Saat ini, warga eks Maluku sudah membaur dengan masyarakat yang ada di Sulut, terlebih di kota Bitung.

“Kesibukan dan aktifitas membuat para warga semakin betah dan enggan untuk kembali ke tanah kelahirannya”, kata Mamentu .

IMG_20190328_091516

Salah satu warga eks Maluku mengungkapkan” dulu kami bukan seperti ini, tetapi Tuhan ingin kita berada disini untuk menyaksikan perbuatan baik ini.” ujarnya seraya menitikkan air mata, terharu mengenang masa-masa sulit, ketika 19 tahun lalu, mengawali kehidupan baru di kota Bitung .

Sementara itu, E.E Mangindaan dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat bersyukur bisa bertemu dan melihat kehidupan warga eks Maluku sekarang ini .

“Sebagai masyarakat sulawesi utara, menerima dengan segenap hati pada saudara-saudaraku sebagai warga sendiri, sebagai keluarga sendiri, karena torang samua basudara”, kata Mangindaan .

(eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s