Nuklir untuk pertanian di Kota Tomohon? Bisakah?

ESN, Tomohon – Kebanyakan orang menganggap Nuklir hanya digunakan untuk persenjataan serta pembangkit listrik saja. Bahkan, terkadang nuklir digunakan untuk urusan kedokteran.

Namun, siapa sangka, tekhnologi Nukir ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan produksi pertanian. Beragam varietas pertanian seperti kedelai, kacang hijau, sorgum, kacang tanah, gandum tropis, bahkan tanaman padi, bisa dikembangkan lewat penggunaan tekhnologi nuklir ini.

” Nuklir tidak hanya dikembangkan didunia militer, namun juga digunakan pada bidang peternakan dan pertanian, dimana hasilnya belum banyak diketahui masyarakat umum,” ujar Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Bidang Teknologi Energi Nuklir, Suryantoro, saat melakukan sosialisasi di Kota Tomohon, Rabu (5/3/2019)

Dijelaskannya, pemanfaatan nuklir dengan tekhnik mutasi radiasi, telah menghasilkan sebanyak 23 varietas tanaman pertanian, terutama padi yang bisa menghasilkan padi unggul, sehingga pendapatan petani menjadi melimpah.

” Tujuan pemanfaatan nuklir ini, salah satunya untuk meningkatkan produksi tanaman padi menjadi unggul dan lebih unggul, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian tanaman padi bagi para petani,” ujarnya.

Sementara Walikota Tomohon Jimmy F Eman (JFE) melalui Asisten Perekonomian Djoike Karouw berharap, masyarakat Kota Tomohon dapat menerapkan pemanfaatan teknologi nuklir hasil penelitian dan pengembangan Badan Tenaga Nuklir Nasional khususnya di bidang pertanian.

” Ini agar masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari teknologi tersebut yang pada akhirnya dapat menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap produk teknologi nuklir,” kata Karouw.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, anggota komisi 7 DPR RI Bara Hasibuan Walewangko yang mengurusi energi, listrik, gas, pertambangan, lingkungan hidup dan teknologi, Rektor UKIT Yopie Pengemanan, Camat Tomohon Utara Martine Mamesah, Lurah Wailan Sidonia Kaparang, serta tokoh pemuda Ashley Rumajar.

(Marcel)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s