Aktor asal Inggris ini datang ke Tomohon Kampanye “Stop Makan Daging Anjing”

Peter Egan (Kedua dari Kanan) bersama timnya saat berfoto dengan Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang.

ESN, Tomohon – Celebriti sekaligus aktor film asal Inggris, Peter Joseph Egan mengunjungi Kota Tomohon untuk mengkampanyekan “Stop Makan Daging Anjing”.

Selama dua hari Egan bersama tim Koalisi Dog Meat Free Indonesia melakukan riset dengan mewawancarai para pedagang daging anjing di Pasar Beriman Tomohon, masyarakat termasuk bertemu dengan pemerintah Kota Tomohon.

Saat bertemu Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold Lolowang, Egan dan timnya berharap agar pemkot Tomohon segera melakukan upaya guna menghentikan perdagangan daging anjing dipasar Beriman Tomohon.

” Kesehatan, keselamatan masyarakat, ilegalitas dan kekejaman terhadap hewan menjadi alasan kami agar pemerintah segera menghentikan perdagangan daging anjing ini,” ujar Egan, Sabtu (2/3/2019).

Gayungpun bersambut, dimana permintaan aktor yang membintangi Film Assassin Of Kings (2011) itu langsung direspon oleh Sekda Harold Lolowang.

” Pemerintah Kota Tomohon telah dan sedang melakukan langkah-langkah strategis untuk mengurangi bahkan menghentikan konsumsi daging anjing termasuk kucing dalam masyarakat,” kata Lolowang.

Langkah-langkah yang sedang dilakukan, menurut Lolowang yakni sosialisasi, himbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk mengurangi bahkan menghentikan konsumsi daging anjing dan kucing secara bertahap.

“Pemkot juga akan mengkoordinasikan dengan wilayah-wilayah asal daging anjing ini yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah & Gorontalo untuk membuat cek point dalam distribusi daging anjing, sehingga mempersempit gerak para pedagang anjing untuk dibawa ke pasar Tomohon,” imbuhnya.

Lanjut dia, Pemkot Tomohon akan mengoperasikan pos pengawasan hewan yang masuk ke pasar Tomohon dan akan memperketat masuknya daging anjing di pasar Tomohon melalui pemeriksaan bersama instansi terkait.

” Saya tentu berharap dukungan dari setiap komponen masyarakat Kota Tomohon, agar upaya kami menghentikan perdagangan daging anjing bisa sukses terlaksana,” pungkasnya.

Koalisi Dog Meat Free Infonesia terdiri dari enam organisasi baik lokal maupun Internasional yang mewakili jutaan pendukung di dunia dan beberapa mitra lain yang berkomitmen untuk menghentikan perdagangan daging anjing dan kucing di seluruh Indonesia

Keenam organisasi itu antara lain Change For Animal Foundation, Fonderverein Animal Hope & Wellness A.V, Action Project Animal, serta Animal Friends Manado Indonesia.

(Marcel)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s