DPRD Kabupaten Minahasa setujui Ranperda RPJMD Pemkab Minahasa tahun 2018-2023

Advertorial – Setelah melalui serangkaian pembahasan lewat Panitia Khusus (Pansus), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa akhirnya menyetujui rancangan peraturan daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa tahun 2018-2023, melalui Rapat Paripurna, Rabu (27/2/2019).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Minahasa James Rawung, didampingi Wakil Ketua Ivonne Andries dan Ventje Mawuntu.

Bupati ROR menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada DPRD Minahasa, atas pelaksanaan Rapat Paripurna dalam rangka Persetujuan RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023.

Menurutnya, berbagai dinamika dalam proses pembahasan telah dilalui dengan semangat demokrasi, sinergi dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan, sehingga substansi dan esensi dokumen RPJMD yang diajukan Pemkab Minahasa telah mengalami penajaman serta penyempurnaan lewat masukan yang diberikan oleh Pansus RPJMD DPRD Minahasa.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang diberikan segenap anggota dewan selama pembahasan, terutama dalam rangka perumusan arah kebijakan umum dan program jangka menengah daerah, serta indikasi rencana program prioritas yang disertai kebutuhan pendanaan,” kata ROR.

Dijelaskan ROR, dokumen RPJMD ini telah mewakili Visi dari Bupati dan Wakil Bupati yakni “Terwujudnya Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera”, yang dijabarkan dalam 5 Misi, Nawacita RR-RD, 10 Program Unggulan dan 22 Kegiatan Prioritas.

“Hal ini ditindak lanjuti dengan sinkronisasi kebijakan perencanaan pembangunan dari pusat ke daerah, lewat nawacita Jokowi-JK, saptacita OD-SK, dan nawacita RR-RD yang tertuang dalam 55 tujuan serta 84 sasaran,” ungkap ROR.

“Adapun nilai strategis RPJMD Minahasa tahun 2018-2023 diharapkan dapat menjadi media dan Prime Supporting Tools (Komponen Penunjang Penting,red) untuk mengimplementasikan janji kami kepada masyarakat saat kampanye, menjadi pedoman pembangunan selama 5 Tahun, pedoman penyusunan RKPD dan instrumen evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah,” tutupnya.

Paripurna ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng, Kepala Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, Kepala BPN Minahasa Remilin Sinurat, Kapolsek Toulimambot Arie Hasan, Anggota DPRD Minahasa dan jajaran pejabat Pemkab Minahasa.

(AdvertorialAds)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s