Meski dibuka, Pinta DAS Tondano tidak berpotensi menambah banjir yang melanda Kota Manado

Kondisi terkini pintu DAS Tondano

ESN,Tondano – Masyarakat Kota Manado diminta jangan percaya dengan hoax yang beredar mengenai penyebab banjir di sejumlah wilayah di Kota Manado yang terjadi Jumat hari ini (1/2/2019), akibat dari dibukanya pintu air DAS Tondano.

Berdasarkan info yang kami terima dari pihak Polres Minahasa, bahwa setelah dicek perihal kondisi terkini pintu air DAS Tondano di Intake PLTA Tonsea Lama hari Jumat tanggal 1 Februari 2019 pukul 11.00 wita Ketinggian air masih berada pada level 300-310 cm yang berada pada titik normal.

Sedangkan untuk posisi gate 1 dalam keadaan tertutup guna menyuplai air ke mesin turbin PLTA Tonsea Lama, dan gate 2 dibuka dengan bukaan 50% guna meneruskan debit air ke PLTA Tanggari.

Sementara berdasarkan keterangan dari petugas jaga di Intake PLTA Tonsea Lama, Odi Monggi menjelaskan bahwa ketinggian air stabil di ketinggian 300 cm – 310 cm, dan apabila terjadi hujan intensitas tinggi dan tidak berhenti, ketinggian air bisa mencapai ketinggian 350 cm – 370 cm.

Monggi juga menjelaskan, dibukanya pintu air di PLTA Tonsea Lama tidak mempengaruhi bila terjadi banjir di Manado, karena dibukanya pintu air adalah menggerakkan mesin turbin PLTA guna suplai listrik kepada masyarakat konsumen.

“Posisi Gate 2 yang dibuka 50% dimaksudkan untuk meneruskan debit ke PLTA Tanggari, guna suplai listrik bagi masyarakat konsumen, namum apabila 3 (tiga) mesin turbin yang berada di PLTA Tonsea Lama beroperasi semuanya, maka Gate 1 dan 2 akan ditutup,” imbuhnya.

(Mrcl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s