Saat resmikan bangunan baru di pasar Tondano, ROR minta tidak KKN dalam menempatkan pedagang

ESN, Tondano – Bangunan baru yang terletak di Pasar Tondano diresmikan oleh Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR), Sabtu (19/1/2019).

Bangunan yang diperuntukkan untuk para pedagang ini dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih Rp 2,6 Miliard.

Usai meresmikan bangunan pasar yang terletak di Kelurahan Tounkuramber Kecamatan Tondano Barat tersebut, ROR meminta agar Dinas Pasar benar-benar selektif menentukan pedagang yang akan ditempatkan.

“Beri kesempatan kepada masyarakat kita untuk berdagang tentu dengan kriteria dan mekanisme yang sudah di tentukan. Jangan ada KKN sebab saya tidak ingin ada laporan masuk dari sesama pedagang,” tegasnya.

Dia juga berharap, bangunan baru ini bisa dimanfaatkan dengan baik, utamanya para pedagang yang menempati, supaya selalu menjaga kebersihan, agar bangunan pasar bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

“Manfaatkan ini dengan menjaga kebersihan. Supaya apa yang telah kita buat ini boleh dipergunakan dalam jangka waktu yang lama,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Moudy Lontaan mengatakan, dasar pelaksanaan pembangunan revitalisasi pasar Tondano ini bersumber dari DAK Bidang pasar kementerian perdagangan Republik Indonesia.

“Adapun tujuan dan sasarannya yakni, memperlancar arus  distribusi barang, meningkatkan daya saing pasar dalam negeri serta mengoptimalkan peran pasar rakyat sebagai pusat kegiatan distribusi penyaluran barang secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen melalui proses jual beli bernagai jenis barang konsumsi dengan cara tawar menawar.” Ujar Lontaan.

“Pembangunan ini meliputi 1 (satu) unit los ikan segar, satu bangunan los buah, 4 unit kios, satu unit gedung kontruksi dua lantai yang didalamnya terdapat los barito, cafetaria/foodcourt tujuh unit dan satu buah toilet.”pungkasnya.

Turut hadir dalam peresmian ini, Asisten Dua Wilfort Siagian, camat Tondano Barat Maya Kainde, Kepala Pasar Tondano, forkopimda kecamatan Tondano Barat, undangan serta para pedagang.

(Mrcl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s