Galian C Salah Satu Penyebab Turunnya Debet Air

Screenshot_2018-12-12-22-28-39-255_com.android.chrome

ESN, Bitung – Meski curah hujan sudah cukup lumayan, PDAM Duasudara Kota Bitung masih belum maksimal dalam pelayanan kepada pelanggan.

Menurut Asisten Manager Bagian Umum Oudy Lumingkewas hal itu diakibatkan karena debet air yang berada di penampungan milik PDAM menurun dan belum stabil.

“Butuh waktu yang cukup lama untuk proses air tersebut agar layak disuplay ke pelanggan, penggunaan bahan kimia seperti kaporite juga ada ukurannya”, Ungkap Lumingkewas.

IMG_20181213_143505

Lumingkewas juga mengungkapkan, bahwa Galian C liar yang beroperasi di beberapa titik di Kota Bitung menjadi salah satu pemicu berkurangnya sumber air yang ada di beberapa titik mata air yang ada.

“Sangat berpengaruh, selain merusak lingkungan, sumber air masyarkat juga terancam dan akan berdampak pada terganggunya distribusi air bersih bagi masyarkat”, kata Lumingkewas kepada media ini, Rabu (12/12).

Lumingkewas juga menuturkan, karena aktifitas galian otomatis ada beberapa pohon yang harus ditebang, sehingga tanah tidak dapat lagi menyimpan air.

“Saat tiba musim hujan, air langsung mengalir bersama lumpur sisa galian, yang menyebabkan air di bak penampungan yang di ambil dari mata air jadi keruh dan tak layak konsumsi sehingga suplay air ke pelanggan tidak maksimal”, ungkap Lumingkewas.

Lumingkewas menambahkan, untuk memaksimalkan layanan, dalam waktu dekat ini PDAM akan segera mengaktifkan beberapa titik mata air yang saat ini masih dalam pengerjaan.

(eko)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s