Pemkab Minahasa gelar Bimtek Implementasi Siskeudes Versi 2.0

ESN, Tondano – Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR) diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Denny Mangala, Selasa (11/12/2018), membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Siskeudes Versi 2.0 sesuai Permendagri no 20 tahun 2018 yang dilaksanakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut, bertempat di ruang sidang kantor Bupati Minahasa.

Kegiatan dihadiri Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut Kwinhatmaka, Danang Suryatmodjo dari BPKP Pusat, Ma’mun Murodin dari Kemendagri (Narasumber), Inspektur Kab Minahasa Frits Muntu, Kadis PMD Kabupaten Minahasa Djefry Sajow serta sejumlah Hukum Tua dan/atau Sekretaris Desa atau Kaur Keuangan dan Operator sebagai perserta.

Kegiatan ini, menurut Bupati melalui Asisten 1 sangat bermanfaat bagi para operator desa dalam pembuatan laporan terkait sistem keuangan desa.

“Untuk para operator kiranya apa yang dipelajari lewat bimtek ini dapat memberikan nilai tambah dalam pelaksanaan tugas-tugasnya,” ujar Mangala.

Kepala Perwakilan BPKP Sulut Kwinhatmaka dalam arahannya menyampaikan kegiatan ini untuk menindaklanjuti Permendagri no 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, launching bersama aplikasi Siskeudes versi 2.0 oleh Menteri Dalam Negeri dan Kepala BPKP tanggal 21 November 2018 dan surat Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah No S-2167/D3/03/2018 tanggal 29 November 2018 terkait Arahan Pelaksanaan Kegiatan Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes.

“Setelah kami koordinasi dengan Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa, Workshop Siskeudes versi 2.0 akan dilaksanakan pada hari ini. Untuk itu sangatlah penting peserta untuk dapat menyimak setiap materi yang diberikan,” ungkapnya.

Dikatakannya apilikasi siskeudes versi 2.0 dirancang untuk memudahkan perangkat desa dalam mengadministrasikan dana desa secara akuntabel mulai dari perencanaan, penatausahaan sampai dengan pelaporan sebagaimana diamanatkan dalam permendagri 20 thn 2018 sehingga memudahkan Pemerintah daerah dalam melakukan kompilasi sebagai dukungan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa.

(Mrcl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s