Danau Tondano ketambahan ribuan beni ikan

ESN,  Romboken – Pemerintah Kabupaten Minahasa, melalui dinas perikanan dan kelautan, melakukan penebaran beni ikan (restocking) di Danau Tondano, Jumat (7/12/2018). Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey (RD) melakukan langsung penebaran beni ikan tersebut, bertempat di lokasi wisata Sumaru Endo, Kecamatan Romboken.

Dalam sambutannnya, RD mengatakan, tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

“Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan,” ucapnya.

Lanjut dia, pembangunan sektor perikanan mempunyai peranan penting dalam mendukung kesejahteraan masyarakat. Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

Di tambahkan RD, kegiatan penebaran benih ikan atau restocking saat ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat khususnya para pembudidaya dan penangkap ikan di seputaran danau tondano serta sebagai upaya pelestarian danau Tondano sebagai sumber penghidupan sebagian masyarakat kabupaten Minahasa.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa, Hengky Kaunang mengatakan ada kurang lebih 100 ribu benih yang dtebar, terdiri dari beni ikan mas dan ikan mujair.

Turut hadir  Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry R Korengkeng, para Asisten, Kepala Dinas/Badan ,Kabag dan Camat serta Hukum Tua, Tokoh Agama, Tokoh Adat, kelompok -kelompok pembudidaya ikan, serta masyarakat yang ada di sekitar Danau Tondano.

(Mrcl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s