Mendagri ingatkan ROR soal empat hal yang menjadi tantangan bangsa

ESN, Jakarta – Ada empat hal yang menjadi tantangan bangsa saat ini, yakni terorisme/radikalisme, narkoba, korupsi serta kesenjangan/ketimpangan sosial.

Keempat hal itulah yang diingatkan Mendagri Tjahjo Kumolo kepada Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR) beserta 121 Kepala Daerah dan Ketua DPRD peserta pelatihan angkatan pertama, hasil Pilkada serentak tahun 2018 di Kantor BPSDM Kemendagri, Senin (12/11/2018).

“Pertama, masalah radikalisme dan terorisme harus dicermati, bagaimana analisa jariangan – jaringan terorisme. Nama, alamat data lainnya ada terkait pelaku terorisme yang tidak ada adalah pikiran dari terorisme kapan melakukan aksinya dan gerakannya,” ujar Mendagri.

Kedua, lanjut dia soal Narkoba sebagai ancaman bangsa ini, Narkoba pangsa pasarnya sangat luas dan menggiurkan. Perlu menjadi perhatian serius dari jajaran kepala daerah dan DPRD dalam antisipasi bahaya Narkoba.

Ketiga pahami area rawan korupsi perencanaan anggaran agar selalu berhati-hati, bicara baik-baik jika ada aspirasi partai, jangan sampai ada kepala daerah yang merasa ditekan dalam perencanaan anggaran. Dana hibah dan dana bansos boleh tapi selektif. Retribusi dan pajak, mekanisme pembelian barang dan jasa. KPK sudah memetakan dengan detail, mulai dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Keempat, tantangan bangsa masalah ketimpangan dan kesenjangan sosial, masalah kematian ibu hamil, gizi anak, sanitasi dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan daerah rawan bencana, daerah kepulauan terpencil, daerah rawan penyakit harus dicermati dengan baik oleh para kepala derah,” pungkasnya.

(Mrcl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s