Warga Resah, Galian C “Kepung” Bitung

IMG-20171206-WA0022

ESN, Bitung – Pemkot Bitung ditantang untuk dapat menindaklanjuti aktifitas galian C yang tidak mengantongi ijin lengkap.

Pasalnya, aktifitas Galian C ilegal yang dilakukan sejumlah oknum yang mencari keuntungan sendiri muncul di beberapa titik di Kota Bitung.

Dari informasi yang didapat media ini, ada beberapa titik penambangan pasir yang diduga ilegal seperti di Kelurahan Tawaan, Kumersot Kecamatan Ranowulu, Kelurahan Tendeki Kecamatan Matuari dan Kelurahan Girian Permai Kecamatan Girian.

Warga yang berada di sekitar galian mengaku sangat resah dengan lalu lalang kendaraan pengangkut galian C yang mondar mandir di daerah mereka, karena sangat bising serta merusak jalan.

“Kami meminta agar pihak pemerintah dan polres Bitung tegas dalam menindak aksi galian c tanpa melihat sisi dampak dan perijinan-nya,” kata beberapa warga.

Terpisah Kadis Lingkungan Hidup kota Bitung Sadat Minabari mengungkapkan bahwa pihaknya hari ini (Selasa), telah mengecek dilapangan lokasi galian c yang terletak di Kecamatan Matuari.

“Tim DLH telah turun disalah satu aktifitas galian c yang berada di Kecamatan Matuari. Dan memasang papan larangan di lokasi itu,” kata Sadat ketika dihubungi sejumlah wartawan, melalui Handphone, Selasa (6/11/2018).

Sadat juga membeberkan bahwa selama ini aktifitas galian C di Bitung tak miliki ijin lingkungan hidup sejak beberapa tahun terakhir ini.

“Kita mendapati ada kurang lebih puluhan titik galian c di kota Bitung yang tak memiliki ijjn,” beber Sadat.

(eko)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s