Lagi, pacuan kuda dalam rangka Hut Minahasa digelar di Tompaso

ESN, Tompaso – Pacuan kuda dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minahasa yang ke-590, kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa di Gelanggang Olah Raga Berkuda Maesa Tompaso, Sabtu (3/5/2018)

Ketua panitia, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekertariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minahasa, Denny Mangala mengatakan kejuaraan berkuda, roda sapi dan bendi kalaper ini terdiri dari kuda pacu dipertandingkan 10 kelas, roda sapi, 7 kelas, bendi kalaper 3 kelas.

“Kegiatan ini merupakan pemanasan kuda-kuda di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) pada Desember mendatang. dikarenakan Sulut akan menjadi tuan rumah Pordasi Seri II,” Ujarnya.

Sementara untuk kuda pacu yang ikut dalam kejuaraan ini sebanyak 77 Ekor, Roda Sapi sebanyak 50 Ekor dan Kuda Kalaper sebanyak 14 Ekor. Daerah yang ikut serta dalam kejuaraan berkuda ini sebanyak 12 daerah.

Khusus Lomba Pacuan Kuda, dilaksanakan 8 Kelas dan dalam kelas bergengsi Jarak 1.900 meter, Memperebutkan Piala Bupati Minahasa yang di ikuti oleh 9 ekor kuda, dimenangkan oleh kuda bernama Quen Torona dengan Jocky (Penunggang) Swempri Sondakh dengan pemilik Kinamang Stable kontingen Jawa Timur.

Bupati Minahasa, Royke Oktavian Roring (ROR) dalam sambutanya mengatakan, Pacuan Kuda ini merupakan jawaban dirinya bersama Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey kepada para pecinta olah raga berkuda di Minahasa, sekaligus rasa kecintaan mereka dengan olah raga berkuda.

(MRCL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s