Kusmayadi bantah ada oknum perwira polisi lindungi pelaku penabrak pendeta Max Laleno

ESN, Tomohon – Kapolres Kota Tomohon AKBP Agus Kusmayadi membantah soal kabar yang beredar di media sosial (medsos) yang menyebut ada oknum perwira polisi yang melindungi pelaku penabrak almarhum pendeta Max Laleno.

” Tidak benar sama sekali, hoax dan fitnah,” ujar Kusmayadi, saat dihubungi redaksi ESN lewat whats up, Jumat (28/9/2018).

Dihari yang sama, saat memberikan keterangan persnya bertempat di Mapolres Kota Tomohon, Kusmayadi mengatakan pihaknya telah melakukan langkah penyelidikan terhadap kasus tabrak lari yang terjadi di ruas jalan Tomohon-Tinoor, 13 September 2018 silam.

” Pihak penyidik terus melakukan upaya hukum, yakni penyelidikan yang kini telah ditingkatkan ke penyidikan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, semua proses penyelidikan hingga penyidikan juga dilaporkan kepada pihak keluarga, dengan menyampaikan surat laporan perkembangan penyelidikan (SP2P).

” Jadi meski keluarga melakukan penolakan otopsi, namun kita tetap melakukan lindik penyelidikan, dengan melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dan melakukan interogasi, dan pada tanggal 26 September kita telah mengantar SPDP ke pihak Kejaksaan sebagai tanda dimulainya proses penyidikan lanjutan,” kata Kusmayadi lagi.

Diapun meminta pihak keluarga bersabar terkait proses penahanan tersangka, karena untuk penentuan calon tersangka tidaklah mudah, karena polisi harus benar-benar yakin bahwa si calon tersangka adalah pelakunya.

” Kita sudah hubungi calon tersangka dan dia menyatakan tidak akan kemana mana, termasuk mobil dengan pelat nomornya juga ada. Kita tidak serta merta menahan karena ini bukan pidana murni, melainkan hanya faktor ketidak-sengajaan yang menyebabkan korban meninggal,” pungkasnya.

(Leonardo Tamboto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s