Nuansa adat warnai perayaan Hut ke-71 GMIM Bethesda Ranotana

ESN – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-71 Jemaat GMIM Bethesda Ranotana Wilayah Manado Selatan pada Minggu pagi kemarin (26/8/2018)

Ibadah yang dikemas dalam nuansa adat dan budaya Minahasa ini, dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina, dan turut dihadiri unsur Forkopimda, jajaran pejabat Pemprov Sulut diantaranya Staf Ahli Chres Talumepa, Roy Tumiwa, Kadis Kebudayaan Ferry Sangian, Kadis Kesehatan Debby Kalalo, Kaban BKD Femmy Suluh, Kadis Nakertrans Erny Tumundo, serta Karo Umum dan Protokol Clay Dondokambey.

Juga terlihat hadir, yakni Wakil Ketua DPRD Kota Manado Richard Sualang, Asisten I Pemkot Manado Micler Lakat, Camat Sario Marthen Kapojos, Lurah Ranotana Rio Saeh, para mantan Ketua BPMJ dan para Pendeta yang pernah bertugas di GMIM Bethesda diantaranya Pdt FSL Kamagi, Pdt Pamikiran-Lewoul, Pdt Lapian-Sumual, Pdt BSA Pamikiran, para Pelsus dan ratusan jemaat setempat.

Dalam khotbahnya, Pdt Hein Arina mengutip pembacaan Alkitab dari Meleakhi 2 : 10-16 dan mengurai tentang pertumbuhan GMIM saat ini yang semakin maju.

“Ada hampir 250 ribu anggota keluarga GMIM saat ini yang menjadi berkat bagi banyak orang, GMIM makin bertumbuh,” tegasnya.

Arina juga menyebut saat ini membangun sebuah bangsa harus ada kenyamanan bagi warganya, yang semuanya harus takut akan Tuhan. Disinilah peran gereja dibutuhkan. Dengan pendekatan pengalaman kehidupan diharapkan jemaat akan terus bertumbuh sehingga yang malas jadi rajin masuk gereja dan kolom.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengucapkan selamat buat Jemaat GMIM Bethesda yang berulang tahun ke-71 saat ini.

“Atas nama Keluarga Dondokambey-Tamuntuan dan selaku Pemerintah Provinsi, kami menyampaikan selamat ulang tahun,” katanya.

Menurut Gubernur, HUT ke-71 saat ini harus disyukuri pada Tuhan. Saat negara Indonesia merdeka, Jemaat Bethesda pun berulang tahun. Pertambahan usia ini harus disadari karena keterlibatan Allah. Untuk itu pada kesempatan ini mari dijadikan sebagai momen meningkatkan iman serta momentum yang tepat membagun kekeluargaan.

“Bagi Pemprov Sulut kerjasama gereja dan pemerintah saat ini berjalan baik, sehingga pertumbuhan ekonomi terus naik dan angka kemiskinan turun, karena saya meyakini Tuhan terus memberikan berkat persatuan dan kesatuan. Mari kita membiasakan pola hidup sehat dan jauhkan dari narkoba serta mengantisipasi terorisme,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Gubernur-pun membantu dana sebesar Rp 50 juta buat Panita Pengadaan Lahan Pekuburan Jemaat GMIM Bethesda, sambil menyatakan rasa salutnya atas terobosan penyiapan lahan pekuburan di Jemaat ini.

Sementara Ketua BPMJ GMIM Bethesda Pdt Handri Mecky Dengah MTh dalam sambutannya mengatakan bahwa pertumbuhan jemaat saat ini makin baik, untuk itu BPMJ diharapkan bukan hanya memikirkan kelahiran jemaat dan masa hidupnya saja, tapi juga sampai saat meninggal.

Untuk itu dibentuklah panitia pengadaan lahan pemakaman ini, sehingga tugas dan peran gereja diharapkan mempunyai andil dalam hal ini.

“Terima kasih ketua BPMS yang terus memberi motivasi pelayanan pada kami, pak Gubernur dan ibu serta jajaran Pemerintan yang hadir. Ini jadi kebanggaan dan tentu kami memberi apresiasi. Saat ini kami memakai pakaian adat karena sebagai satu kesatuan suku adat yang mempersatukan,” kata Pdt Dengah yang juga Ketua BPMW Manado Selatan ini.

Sedangkan Ketua Panitia Hari-Hari Raya Gerejawi (HHRG) Penatua Agustivo Tumundo dalam laporannya menyampaikan terima kasih buat semua pihak yang sudah mendukung dalam doa dan membantu semua kebutuhan Panitia yang menggelar kegiatan-kegiatannya sejak Hari Jumat Agung, Paskah Yesus Kristus, HUT ke-173 Pekabaran Injil dan Pendidikan Kristen, dan HUT ke-71 Jemaat GMIM Bethesda ini.

“Terima kasih banyak atas kehadiran Bapak Gubernur Olly Dondokambey bersama Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan beserta jajaran Pemprov Sulut, terima kasih banyak Bapak Pdt Hein Arina atas pelayanan firman-Nya, terima kasih banyak buat semua pihak yang sudah hadir dan mendoakan semua persiapan kegiatan ini,” kata Tumundo yang juga Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa ini.

Usai ibadah dilanjutkan atraksi para pemenang Lomba Senam Tobelo dan Paduan Suara antar Kolom, dan penyerahan hadiah-hadiah lomba, serta santap kasih makanan nuansa Budaya Minahasa yang dimasak dalam bulu yang diletakan di atas daun pisang, serta minum saguer, bertempat jalan halaman gereja.

Adapun para pemenang Lomba Antar Kolom, menurut Sekretaris Panitia HHRG Wenny Imon didampingi Wakil Ketua Panitia Pnt Jufry Rumondor dan Pnt Boy Kolanus, meliputi :

Lomba Paduan Suara :
Juara I Kolom 1
Juara II Kolom 14
Juara III Kolom 30
Harapan I Kolom 28
Harapan II Kolom 10
Harapan III Kolom 21

Lomba Senam Tobelo :
Juara I Kolom 16A
Juara II Kolom 16B
Juara III Kolom 21

Lomba Kebersihan dan Keindahan Kolom :
Juara I Kolom 13
Juara II Kolom 15
Juara III Kolom 26

Pertandingan Tenis Meja :
Antar Pelsus Putra
Juara I Pnt Johanis Weol (Klm 6)
Juara II Pnt Mesak K (Klm 31)
Juara III Pnt Jufry Rumondor (Klm 24)
Juara III Pnt Roy Oroh (Klm 32)

Beregu Putera
Juara I Kolom 1
Juara II Kolom 15
Juara III Kolom 32
Juara III Kolom 14

Perorangan Putera
Juara I Bertie Wowor (Klm 7)
Juara II Heldy Wullur (Klm 11)
Juara III Izra Polii (Klm 1)

Perorangan Puteri
Juara I Rineke Korua (Klm 12)
Juara II Vonny Wowiling (Klm 3)
Juara III Lusye Wowor (Klm 3)

(Mrcl/Ags)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s