Sukses, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Minahasa

ESN – Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Kabupaten Minahasa berlangsung meriah dan sukses.

Diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama yang dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Agustus 2018, diikuti oleh penjabat Bupati Minahasa Royke Mewoh dan Forkopimda, para ASN serta seluruh sekolah yang tersebar di wilayah Kota Tondano.

Selanjutnya pada tanggal 15 Agustus 2018, dilakukan pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), yang dikukuhkan langsung oleh penjabat Bupati Minasa Royke Mewoh, bertempat di ruang sidang kantor Bupati Minahasa di Tondano.

Besoknya, yakni pada tanggal 16 Agustus 2018, dilaksanakan rapat paripurna DPRD Kabupaten Minahasa, dalam rangka mendengarkan pidato kenegaran serta pengantar nota keuangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bertempat di gedung Manguni, DPRD Kabupaten Minahasa.

Dihari yang sama, dilakukan upacara Taptu serta pawai obor yang diikuti oleh jajaran Kepolisian, TNI, Pramuka serta ratusan siswa SD dan SMP se-Kota Tondano, yang dilaksanakan di rumah dinas penjabat Bupati Royke Mewoh, Usai pawai Taptu dan pawai obor, dilanjutkan dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dilaksanakan di taman makam pahlawan, Rinegetan, Tondano.

Besok harinya pada tanggal 17 Agustus 2018, sebelum dilaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi, pada jam 7.00 Wita, dilaksakan upacara pemberian remisi kepada sejumlah warga binaan di lapas kelas IIB, Papakelan, Tondano.

Usai dilaksanakan upacara pemberian remisi, pada pukul 10.00 Wita, bertempat di Lapangan Manguni, Sasaran, Tondano, dilaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi, yang diikuti oleh sejumlah utusan sekolah, instansi swasta dan pemerintah, jajaran TNI/ Polri serta seluruh pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Penjabat Bupati Royke Mewoh menjadi inspektur upacara (Irup), dalam upacara ini, sedangkan bertindak sebagai pembaca teks proklamasi adalah Ketua DPRD Kabupaten Minahasa, James Rawung.

Setelah upacara peringatan detik-detik Proklamasi, dilanjutkan dengan upacara ziarah Nasional, bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional GSSJ Ratulangi. Menjadi irup dalam upacara ziarah nasional ini yakni Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung. Usai Upacara dilanjutkan dengan tabur bunga, tepat di atas makam GSSJ Ratulangi.

Setelah ziarah dan tabur bunga, pada pukul 12.00 Wita, bertempat di rumah dinas penjabat Bupati, dilaksanakan acara resepsi kenegaraan yang dihadiri Penjabat Bupati Minahasa Royke Mewoh, Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Nixon Purnama, Kejaksaan serta para Veteran Kemerdekaan RI.

Kemudian pada sore harinya, pukul 16.30 Wita, dilaksanakan upacara penurunana bendera pusaka, oleh anggota Paskibraka, bertempat di lapangan Manguni Sasaran, Tondano. Menjadi Irup dalam upacara penurunan bendera ini yakni Dandim 1302 Minahasa, Nixon Purnama.

Pada malam harinya, tepat pukul 19.00 Wita, dilaksanakan acara Resepsi dan Toast Kenegaraan, yang dilaksanakan di gedung Wale Ne Tou, Sasaran Tondano, yang dihadiri penjabat Bupati Royke Mewoh, jajaran Forkopimda, para ASN, para Pejabat, Anggota Paskibraka dan Purna Paskibraka, serta Ketua Panitia Hut Kemerdekaan RI ke-73, Asisten I Bidang Administrasi Umum, Hetty Rumagit.

Selain kegiatan tersebut, juga telah dilaksanakan berbagai lomba dalam rangka Hut Kemerdekaan RI ke-73, yakni lomba gerak jalan atar SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Minahasa, serta berbagai kegiatan lainya seperti panjat pinang dan lomba senam tobelo yang akan dilaksanakan di Lapangan Samratulangi God Bless Minahasa, Tondano pada hari Senin pekan depan (20/8/2018).

(Advertorial Ads)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s