Sekda Jeffry Korengkeng hadiri Rakornas PKH “Sosial Justice For All”

ESN – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program Keluarga Harapan (PKH) yang mengangkat tema “Social Justice For All” di Hotel Grand Sahid, Jakarta (2/5/2018) kemarin.

Menteri Sosial Idrus Marham saat menyampaikan sambutannya mengatakan penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH kepada masyarakat selama bulan Januari, Februari, Maret 2018 terbilang sukses. Bahkan, tingkat penyalurannya sudah mencapai 90 persen.

“Saya kira ini sebuah prestasi besar, oleh karena itu kehadiran kepala dinas seluruh Indonesia ini dalam rangka melihat pelaksanaan penyaluran bansos selama ini,” ujar Idrus.

Idrus mengaku ingin mendengarkan cerita, saran dan masukkan dari para pegiat sosial termasuk dari para Kepala Dinas Sosial di seluruh Indonesia.

“Apalagi ke depan ini kebijakan Presiden Jokowi akan ada kenaikkan indeks penerimaan dari pada program PKH ini. Tentu kita ingin mendapatkan masukkan dari kepala dinas sosial di provinsi/kota di seluruh Indonesia, bagaimana proyeksinya ke depan. Tentu kenaikkan itu akan terjadi perubahan pendekatan dan sistem yang kita gunakan,” jelas Idrus.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan Kementerian Sosial mewajibkan setiap Pendamping PKH bekerja profesional.

“Profesionalisme pendamping sangat dibutuhkan agar target pemerintah menurunkan angka kemiskinan menjadi di bawah 10 persen pada tahun 2018 bisa tercapai,” ujar Harry.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kata Harry, Pendamping PKH juga diberikan materi Family Development Session atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di setiap bimbingan dan pemantapan.

“Bansos PKH ini yang paling penting adalah untuk meningkatkan kesehatan, gizi dan kelangsungan pendidikan anak. Pendamping tugasnya memberikan motivasi, memantau dan memberikan penguatan tanggung jawab keluarga.

Dalam kesempatan yang sama, Mensos Idrus Marham juga mengukuhkan Cici Gunarsih, Kasandra Putranto serta Dikna Faradiba Maharani sebagai Duta PKH. Pengukuhan Duta PKH ini diharapkan mampu memperkenalkan proses bisnis PKH baik tingkat Nasional maupun Internasional.

(Mrcl*)

Author: editorialsulutnews.com

Portal Berita Online di Sulawesi Utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s