Wenur bakal desak pemkot Tomohon segera membentuk tim ahli cagar budaya

 

 

ESN – Selain soal pengelolaan pemakaman dan pengabuan (P3) hal yang mengemuka saat kunjungan Pansus P3 ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, adalah soal pelestarian situs budaya.

 

Hal ini dikatakan Ketua DPRD Kota Tomohon Junita Wenur. Untuk itu ungkap dia bahwa pihaknya akan mendesak pemerintah Kota Tomohon, khususnya Walikota Jimmy F Eman untuk secepatnya membentuk tim ahli cagar budaya.

 

” Sesuai rekomendasi dari direktur pelestarian cagar budaya dan permuseuman bahwa harus ada tim ahli yang ditetapkan oleh Kepala Daerah, guna pelestarian cagar budaya ini,” katanya.

 

Tujuan dibentuknya tim ahli, lanjut Wenur adalah untuk melakukan kajian terhadap benda yang memiliki unsur bersejarah. Jika iya memiliki unsur sejarahnya maka akan ditindak lanjuti untuk dilaporkan ke Direktorat pelestarian cagar budaya dan permuseuman,” ketusnya lagi.

 

Sementara itu Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Hary Widianto mengatakan terkait pelestarian budaya, dalam Undang-Undang cagar budaya nomor 11 thn 2010 setiap kabupaten kota, provinsi dan tingkat nasional, wajib memiliki tim ahli cagar budaya.

 

” Tim ahli ini, di bentuk oleh penguasa wilayah, setiap tim di ikuti oleh satu orang arkeologi, tapi kalau tidak ada arkeologi bisa dipinjam dari balai arkeologi,” pungkasnya.

 

(Marcel)

Author: editorialsulutnews.com

Portal Berita Online di Sulawesi Utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s