Mangala warning hukum tua segera masukkan APBDes dan SPJ dana desa

 

ESN – Di Kabupaten Minahasa, ternyata banyak hukum tua yang belum memasukkan surat pertanggung-jawaban (SPJ) penggunaan dana desa tahun 2017.

 

Selain itu banyak juga yang belum menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Akibatnya, dana desa (DD) yang kini sudah berada di rekening kas umum daerah (RKUD), belum bisa di transfer ke rekening desa.

 

” Bagaimana mau ditransfer, jika banyak hukum tua yang belum memasukkan APBDes dan spj?, padahal para hukum tua sudah mengikuti pelatihan dimana-mana,” kata Asisten 1 Denny Mangala di sela-sela giat kunjungan kerja Bupati Minahasa di Kecamatan Pineleng, Rabu (11/4/2018).

 

Dikatakan Mangala saat ini ada kurang lebih 64 hukum tua yang belum memasukkan APBDes dan SPJ. Untuk itu dia mengingatkan agar spj dan APBDes tersebut segera di masukkan, agar dana desa bisa dicairkan.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Djeffry Sumendap Sajow juga mengakui soal APBDes dan SPJ yang belum dimasukkan para hukum tua.

 

” Padahal, batas waktu dana desa berada di RKUD itu sesuai aturan hanya 7 hari, dan harus segera ditransfer ke rekening desa,” ujar Sajow.

 

Dijelaskan Sajow, bahwa untuk pencairan dana desa pada tahun 2018 ini, dari sebelumnya dilakukan hanya dua tahap, kini sudah menjadi tiga tahap.

 

”tahap pertama 20 persen, dua tahap berikutnya masing-masing 40 persen,” pungkasnya.

 

(red01*/Mrcl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s