Saat melayat di Kawangkoan, Mewoh serahkan diakonia duka

 

ESN – Sebagai wujud empati bagi masyarakat yang ditimpa dukacita, Penjabat Bupati Minahasa Royke H Mewoh datang melayat di dua rumah duka di Desa Kanonang Satu, Kawangkoan Barat, Kamis (22/3/2018).

 

Lawatan pertama Mewoh yakni di rumah duka almarhum Santje Marce Poli-Rawis yang diketahui merupakan mantan guru dan mantan Ketua PKK Desa Kanonang Satu dan Kanonang Tiga.

 

Mewoh turut memberikan penguatan iman kepada keluarga yang berduka. “Keluarga yang ditinggalkan harus berbangga. Almarhumah dulunya seorang guru, tentu selama hidupnya sudah banyak memberikan hal yang berguna baik bagi keluarga maupun masyarakat,” ungkap Mewoh.

 

Pada kesempatan itu, tak lupa Penjabat Bupati memberikan penguatan iman bagi keluarga dengan mengutip Firman Tuhan dalam Alkitab.

 

“Berduka merupakan ekspresi yang lazim bagi kita manusia, tapi jangan larut didalamnya. Sebab Firman berkata bahwa Allah adalah setia dan Dia tidak memberikan cobaan kepada umat-Nya melampaui kekuatan yang dimiliki,” tutur Mewoh mengutip Firman Tuhan dalam 1 Korintus 10:13.

 

Penjabat Bupati bersama rombongan kemudian melanjutkan lawatan ke rumah duka Almarhum Vike Meruntu-Kasenda. Dihadapan keluarga berduka, Mewoh menyebut kematian merupakan peristiwa yang tak dapat dihindari semua manusia.

 

“Sebagai manusia yang fana kita semua pasti akan mengalami hal yang sama, hanya saat ini Almarhumah mendahului kita. Namun dalam iman harus kita amini bahwa Almarhumah telah menyelesaikan pertandingannya,” tutur Mewoh.

 

Dia mengajak keluarga berduka untuk mengimani bahwa peristiwa ini adalah peristiwa iman. “Bahkan seorang nabi Ayub dalam kesusahannya hanya berserah dan berkata Tuhan yang memberi Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan. Itu merupakan sikap iman orang percaya,” kata Mewoh sambil menyampaikan rasa dukacita yang mendalam dari segenap jajaran Pemkab Minahasa.

 

Selain memberikan penguatan, pada kesempatan itu Penjabat Bupati turut memberikan diakonia duka kepada keluarga yang ditinggalkan.

 

Turut mendampingi dalam pelayatan tersebut diantaranya Kabag humas dan Protokol Setdakab Minahasa Moudy Pangerapan, Camat Kawangkoan Barat Eigthmi Moniung dan Camat Kawangkoan, Meike Rantung.

 

(MP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s