Mangala : Hukum Tua berpihak salah satu paslon, Pidana menanti!

Asisten I Sekdakab Minahasa, Denny Mangala menegaskan jelang tahapan kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tahun 2018, pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa, akan menerapkan kebijakan baru mengenai aturan dan batasan bagi Hukum Tua atau Kepala Desa beserta para perangkatnya.

” Aturan dan sanksi belum ada yang ditujukan bagi hukum tua dan perangkat desa, baru ASN saja, Untuk itu dari hasil pertemuan Pemkab Minahasa dengan Pihak KPU Minahasa dan Panwas telah menyikapi beberapa hal yang nanti akan diberlakukan khusus untuk para Hukum Tua,” kata Mangala.

Mangala mencontohkan, dalam acara suka maupun duka biasanya dihadiri calon. Bila bertepatan duduk dengan para calon, silahkan saja tapi tidak boleh berfoto bersama apalagi berselfie ria.

“Jika foto itu diambil orang lain, itu lumrah tapi bukan hukumtua atau perangkatnya. Saat kampanye, hukumtua dan perangkat bersikap netral dan tidak diperbolehkan memasuki wilayah kampanye tapi pantau saja keamanan di sekitar area kampanye, dengan catatan menggunakan pakaian dinas, agar diketahui memang sedang bertugas,” ujarnya lagi.

Bila nanti hal tersebut tidak dipatuhi maka, Hukum Tua serta perangkat akan diberikan sanksi tegas sesuai yang diatur oleh Undang-Undang.

“Jadi jika ada hukum tua dan perangkat desa terbukti melanggar aturan yang ada, itu sanksinya jelas tertera dalam Undang-Undang nomor 10, yaitu pidana minimal satu bulan maksimal 6 bulan. Selanjutnya, jika yang bersangkutan sudah dipidana jelas tidak memenuhi syarat untuk menjabat sebagai Hukum Tua selanjutnya,” tutupnya.

(Red01)

Author: editorialsulutnews.com

Portal Berita Online di Sulawesi Utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s