Minahasa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa gelar Rakor penggunaan dana desa

ESN – Desa Kanonang 2 dan 4 kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa pada hari Selasa (14/11/2117) menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Rakor atau rapat koordinasi penggunaan Dana Desa.

Rakor yang berlangsung dibalai desa dihadiri oleh Kapolres Minahasa Kapolres Minahasa AKBP Christ,Reinhard Pusung,SIK, Kadis PMD Djeffry Sajow, Sekdis Dinas Sosial Denny Tualangi SE, Camat Kawangkoan Barat Eightmi J.Moniung SH, Hukum Tua Kanonang 2 Welly R.Rawis, Hukum Tua Kanonang 4 Jenly Kasenda, serta perangkat desa dan masyarakat setempat.

Djeffry Sajow SH, dalam sambutannya mengatakan, kementrian desa meyakini dengan adanya Bumdes diberikan bantuan seperti Simpan Pinjam, penyertaan modal bagi orang yang kurang mampu atau tidak punya pekerjaan untuk menjadi modal usaha, dan bisa di kembalikan secara menyicil sampai lunas agar yang lain lagi bisa menggunakannya.

Sementara itu Hukum Tua Desa Kanonang 2 Welly Rawisw saat dimintai tanggapan mengatakan, saat ini telah di buat pasar, yang pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Hal itu juga untuk perputaran dana Bumdes agar supaya dana tersebut bisa berputar ,sehingga Bumdes bisa mengelola pasar tersebut untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di desa tersebut.

“Saat ini pembangunan pasar sudah berkisar 80 persen hampir selesai. Ituhuga untuk perputaran dana Bumdes,” kata Hukum Tua Kanonang 2 Welly R.Rawis

Selanjutnya Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK, mengatakan, penggunaan atau pengelolaan Dandes harus sesuai dengan mekanisme dan aturan yang sesuai.

“Harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan UU desa no 6 tahun 2014. Bagi Hukum tua dan perangkat desa jangan coba – coba bermain ruci, karena baruci satu kali akan ketahuan, sebab ada Intel, Jajaran kejaksaan, Intelejen Kajari, LSM,juga pendamping yang terkait. Karenanya sangat tidak mungkin terjadi penyelewengan Dana Desa. Intinya Laksanakan dengan sebaiknya sesuai dengan mekanisme,”ungkap Kapolres seraya menambahkan, saat ini telah dilakukan MOU antara Kapolri, Menteri desa, dan Mendagri berkaitan dengan Dana desa. Pihaknya didorong untuk bersama – sama dalam kegunaan dana desa. Polisi di dorong masuk pada awal perencanaan.

(Red01)

0 comments on “Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa gelar Rakor penggunaan dana desa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: