Minahasa Sport

Pembukaan Porprov Sulut ke-IX di Stadion Maesa Spektakuler, Olly : Juara Umum dapat 10 Miliard!

ESN – Stadion Maesa Tondano pada hari Senin (9/10/2017) menjadi saksi sejarah bangkitnya dunia Olahraga di Sulawesi Utara, dimana setelah kurang lebih 16 tahun fakum, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) kembali dilaksanakan, dan Kabupaten Minahasa dipercaya menjadi tuan rumah.

Pembukaan Porprov yang dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow serta 13 Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Kabupaten /Kota Se-Sulut ini berlangsung spektakuler. Ribuan atlit utusan daerah peserta porprov ke-IX, tumpah ruah membanjiri stadion Maesa Tondano.

Berbagai atraksi mulai dari atraksi barongsai, defile peserta Porprov, pelepasan ribuan balon ke udara, pemasangan api Porprov, pembentangan bendera merah putih raksasa, pertunjukan drama serta tarian Sulut Hebat massal yang diperagakan ribuan siswa, menambah semarak pembukaan Porprov yang dihadiri langsung pengurus KONI Pusat serta utusan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Gubernur Sulut Olly Dondokambeypun terlihat begitu terpesona dengan kesigapan pihak tuan rumah Kabupaten Minahasa, terutama pihak Panitia yang telah menyuguhkan berbagai atraksi spektakuler sehingga semarak pembukaan Porprov bisa disetarakan dengan semarak pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Melihat meriahnya acara pembukaan serta animo dan semangat para atlit yang mengikuti Porprov kali ini, membuat Olly Dondokambey langsung tergerak memberikan “suntikan” dana pembinaan olahraga kepada masing-masing kabupaten/Kota yang ikut maupun yang menjadi juara.

” Bagi Juara umum mendapat dana pembinaan Rp 10 Miliar, Juara II umum Rp 5 Miliar dan Juara III umum sebesar Rp 2,5 milyar. Sedangkan setiap daerah yang ikut mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1 miliar,” ujar Dondokambey yang langsung disambut tepuk riuh para peserta porprov.

Sementara itu, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) mengaku bangga atas kepercayaan pihak pemerintah Provinsi Sulut yang sudah mempercayakan Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah penyelenggara.

“Sempat terhenti selama 16 tahun lamanya baru kali ini Porprov digelar di Minahasa. Selaku pemerintah dan masyarakat kami bersyukur karena Minahasa boleh menjadi tuan rumah. Terima kasih kepada Pemprov dan KONI Sulut yang telah mempercayakan Minahasa untuk melaksanakan ajang ini ,” ujar JWS.

” Warna boleh berbeda, namun olahraga telah menyatukan kita, mari bertanding secara sportif dan raihlah prestasi agar Sulut semakin hebat dan semakin terkenal karena olahraganya.Porprov ke-IX menjadi ajang kebangkitan olahraga Sulut,”

Sementara itu, Bendahara KONI Pusat Laksaman Johnny Awuy, memberikan penghargaan yang tinggi kepada Pemprov Sulut dan KONI Sulut atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan kegiatan ini sukses dan mampu menjaring atlit untuk mengharumkan daerah asal dan Indonesia di kancah international.

“Dalam waktu dekat Indonesia akan melaksanakn dua event olahraga, yakni Asean Games tahun 2018 di Jakarta dan Palembang, dan PON 2020 Papua. Semoga dua event ini akan menjadi faktor pendorong munculnya prestasi yang patut dibanggakan di bidang olahraga,” tukasnya.

Nampak hadir pada pembukaan Porprov IX itu Perwakilan Menteri Olahraga dalam hal ini Asisten Deputi Olahraga Prestasi Dadi Surjadi, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E Kandouw, Ketua Deprov Andrei Angow, Bendahara Umum KONI Pusat Laksamana Madya (Purn) Johny Awuy, Ketua TP-PKK Sulawesi Utara Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK dr Kartika D Kandow-Tanor, Forkopimda Sulut, Sekdaprov Edwin Silangen, serta 13 Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota se-Sulut.

(*red01)

0 comments on “Pembukaan Porprov Sulut ke-IX di Stadion Maesa Spektakuler, Olly : Juara Umum dapat 10 Miliard!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: