Minahasa

Tampil sebagai pembicara di seminar Nasional STIP-AN, JWS pukau peserta seminar

ESN – Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS), Rabu (20/9/2017) menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP-AN) ke-13, yang berlangsung di Gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Ada dua Kepala Daerah yang dipercaya pihak STIP-AN untuk menjadi pembicara utama, yakni JWS, serta Idris Abdul Shomad, Walikota Depok. Dengan demikian JWS menjadi satu-satunya Bupati di Indonesia yang dipercaya untuk menyampaikan materi tentang Garis Besar Ketrampilan Abdi Negara serta Pemimpin Melayani Masyarakat.

Selain JWS dan Idris Abdul Shomad, ada juga pembicara lainnya yakni masing-masing Ermaya Suradinata, Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), serta Nyoman Sumaryadi dari STIP-AN. Adapun tema seminar kali ini yakni “Membangun Kualitas dan Karakter Pemimpin Pemerintahan Sebagai Pamong Bhineka Tunggal Ika”.

Saat menyampaikan materinya, Bupati JWS tampil sangat memukau, dan berkali kali mendapat mendapat aplause dari para peserta seminar. Terutama saat JWS menceritakan pengalaman dirinya, ketika memimpin Kabupaten Minahasa.

“Menjadi Bupati, apalagi berlatar belakang Partai Politik tidaklah gampang, harus mengutamakan yang terbaik untuk rakyat dan selalu mempunyai hati ditengah desakan kepentingan lainnya seperti kepentingan tim sukses, kepentingan partai serta kepentingan pribadi,” ujar JWS yang langsung disambut aplause dari ratusan peserta seminar.

Lanjut JWS, menjadi Bupati harus selalu memperhatikan apa yang diinginkan rakyat, terlebih selalu melakukan investasi sosial ditengah masyarakat. ” Jika itu dilakukan, maka rakyat akan merasa terlayani dan puas dengan apa yang kita lakukan selama menjadi pemimpin,” imbuhnya.

Diakhir materinya, JWS mengungkapan soal pengalaman dirinya selama menjadi Bupati yang kadang disebut selalu melakukan pencitraan saat dia mendatangi masyarakat. “Padahal tugas pemimpin ya itu, harus mendatangi warganya,” pungkas JWS.

Tampil sebagai keynote speaker dalam kegiatan seminar ini yakni Faisal Tamin, mantan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara periode 2001-2004 yang juga ikut berdecak kagum ketika mendengar penyampaian materi dari JWS. Sementara sebagai moderator yakni presenter TV One Chacha Anissa.

(Red01)

0 comments on “Tampil sebagai pembicara di seminar Nasional STIP-AN, JWS pukau peserta seminar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: