Manado

Kanwil Kemenkum Ham Sulut dikunjungi anggota dewan pertimbangan Wantimpres

ESN – Dua Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Subagio Hadisiswoyo serta Yusuf Kartanegara pada hari Rabu, (6/9/2017) melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, di jalan Diponegoro, Mahakeret Timur, Kota Manado.

Keduanya disambut Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Pondang Tambunan didampingi oleh Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian, Administrasi, Pemasyarakatan dan Pelayanan Hukum serta para Kepala Kantor Imigrasi Manado, Bitung, Tahuna, Kotamobagu dan Kepala Rumah Detensi Imigrasi.

Adapun maksud kunjungan tersebut adalah dalam rangka menghimpun informasi tentang keamanan dan keimigrasian di Sulut, sesuai dengan tupoksi kedua anggota Wantimpres tersebut yakni Anggota Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Dalam paparan di hadapan Anggota Wantimpres dan rombongan, Kakanwil menyampaikan antara lain Kedudukan, Tugas dan Fungsi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM maupun Divisi Keimigrasian.

Lebih khusus lagi Kakanwil menyampaikan bahwa tantangan keimigrasian di wilayah Sulawesi Utara akan semakin berat diantaranya, banyaknya turis asing yang datang berkunjung sejak tahun 2016 sampai sekarang yaitu berasal dari 8 kota di RRT dengan menggunakan pesawat carter (charter flight) langsung mendarat di Manado.

” Khusus turis asing dari 8 kota di RRT tersebut, pada tahun 2016 tercatat sebanyak 35.614 orang dan sedangkan tahun 2017 sampai dengan tanggal 31 Agustus saja sudah tiba sebanyak 39.813 orang,” ungkapnya.

“Secara keseluruhan, pada tahun 2017 ini WNA yang datang dari luar negeri dan langsung mendarat di Manado adalah sebanyak 50.497 orang,”

Terhadap program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk menjadikan wilayah Sulawesi Utara sebagai pintu utama destinasi wisata wilayah Indonesia Timur ini, lanjutnya bahwa jajaran Keimigrasian Sulawesi Utara tentu akan sangat mendukung sepenuhnya karena salah satu fungsi keimigrasian adalah sebagai fasilitator penunjang pembangunan ekonomis nasional;

Sementara itu, Anggota Wantimpres Bidang Hankam Subagyo Hadisiswoyo menyampaikan mengenai Tugas Wantimpres sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden yaitu wajib memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan negara baik diminta maupun tidak diminta oleh Presiden.

” Dan itu disampaikan baik secara perorangan maupun sebagai kesatuan nasihat dan pertimbangan seluruh anggota Dewan.
Untuk memberikan nasihat kepada Presiden itulah, maka Anggota Wantimpres menghimpun informasi tentang keamanan dan keimigrasian dari Wilayah Sulawesi Utara,” inbuhnya.

Sementara itu Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida pada kesempatan tersebut menyampaikan produk debirokratisasi pelayanan keimigrasian antara lain, penyederhaan prosedur pelayanan kepada para investor asing berupa pemberian perpanjangan masa berlaku Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) tanpa harus menunggu rekomendasi dari instansi lain.

” Penyederhanaan prosedur tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM dan ini merupakan respon jajaran Keimenterian Hukum dan HAM khususnya jajaran keimigrasian terhadap petunjuk Presiden guna melalukan penyederhaan pelayanan kepada masyarakat atau investor,” pungkasnya.

(*Red01)

0 comments on “Kanwil Kemenkum Ham Sulut dikunjungi anggota dewan pertimbangan Wantimpres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: