Minahasa Sport

Pelari Internasional bakal ramaikan Tondano Lake Marathon 2017, besok

ESN – Lomba Lari Jarak Jauh “Tondano Lake Marathon 2017” yang digelar oleh Pemkab Minahasa bekerjasama dengan Yayasan Kawanua Sedunia (YKSD), dalam rangka mensukseskan Pesona Minahasa 2017, siap digelar Sabtu besok, 5 Agustus 2017.

3 kategeri lomba, meliputi Full Marathon 42,195 Kilometer (KM), Half Marathon 21,097 KM dan 10 KM ini, bakal diikuti ratusan pelari lokal, Nasional dan International.

Lomba ini akan dilepas oleh Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) pukul 05.00 pagi, di kompleks Benteng Moraya Tondano.

Dan jika tidak ada aral melintang, Gubernur Sulut Olly Dondokambey juga akan menyerahkan hadiah-hadiah lomba kepada para juara lomba pada pukul 10.00 pagi di Lokasi Finish bersamaan dengan Pembukaan Festival Pesona Danau Tondano bertempat di Taman God Bless Minahasa Lapangan Sam Ratulangi Tondano.

“Peserta lomba lari Marathon ini akan melewati Desa-desa dan Kecamatan yang berada di pinggiran wilayah Danau Tondano. Sehingga semua masyarakat dapat menyaksikan momen langka yang berkualitas nasional ini,” Ujar Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng.

Sementara Ketua Yayasan Kawanua Sedunia, Mieke Tumurang mengatakan bahwa ratusan bahkan ribuan peserta telah memastikan akan mengikuti lomba yang sangat spektakuler di tahun 2017 ini.

“Bahkan para atlit lari dunia asal Etiopia, Kenya, Perancis, Malaysia China, Taiwan, Australia serta sejumlah atlit nasional lainnya telah menyatakan kesediaan untuk mengikuti kegiatan ini,” urai-nya.

Dikatakan Tumurang bahwa lomba lari marathon telah mendapat pengakuan berupa sertifkat dari International Association of Athletics Federations (IAAF) dan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

Sementara itu, Kepala Disbudpar Minahasa Agustivo Tumundo menambahkan bahwa di beberapa titik yang akan dilalui oleh para peserta lari marathon ini akan disajikan pentas dan atraksi seni dan budaya Minahasa oleh para para pelaku seni dan budaya di tiap Desa dan Kecamatan yang akan dilalui.

“Untuk menghibur para pelari yang juga para turis yang berkunjung ke Minahasa ini, kami juga sajikan pentas seni dan budaya Minahasa untuk menghibur mereka,” tutup Tumundo.

(*Red01)

0 comments on “Pelari Internasional bakal ramaikan Tondano Lake Marathon 2017, besok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: