KPU Minahasa gelar raker penyusunan pedoman tekhnis Pilkada tahap I

ESN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Kerja (Raker) Penyusunan Pedoman Teknis Tahap I Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) dalam hal ini Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa tahun 2018, Rabu (26/07) bertempat di Hotel Mercure Tateli Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.

Kegiatan yang dibuka Komisioner KPU Provinsi Sulut Vivi George ini diawali ucapan selamat datang oleh Komisioner KPU Kabupaten Minahasa Decky Paseki dan dilanjutkan dengan laporan oleh Ketua Panitia Stella Sompe.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama dua hari ini, di hadiri Ketua KPU Kabupaten Munahasa Meidy Tinangon, komisioner KPU Kabupaten Minahasa yakni Christoforus Ngantung, Decky Paseki, Wisye Wilar, serta akademisi, praktisi hukum, kalangan parpol, LSM, komunitas peduli pemilu, unsur pers, Kesbangpol Kabupaten Minahasa dan undangan lainnya sebagai peserta.

Komisioner KPU Provinsi Sulut Vivi George mengharapkan agar peserta raker dapat memberikan saran dan masukan bahkan kritik dalam rangka penyusunan pedoman teknis tahap I untuk Pemilukada Minahasa 2018.

“Dikesempatan ini saya berharap peserta yang terlibat sekitannya dapat memberikan masukan dalam rangka penyusunan pedoman teknis ini,” ujarnya.

Diapun turut memberi apreseasi atas atensi dari para peserta yang notabene merupakan stakeholder pilkada yang bersedia hadir dalam raker ini.

“Pedoman ini sangat berharga dalam pelaksanaan tahapan melahirkan pemimpin yang bisa memajukan Minahasa. Nanti begitu rampung akan kita lihat seperti apa hasil raker. Semoga kegiatan ini berjalan lancar sesuai harapan,” tandasnya.

Disamping itu, George mengapresiasi kinerja KPU minahasa yang mengedepankan keterbukaan informasi dan keterlibatan stakeholder.

Usai acara pembukaan yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh Ketua KPU Kabupaten Minahasa Meidy Y Tinangon, raker dilanjutkan dengan materi tentang Ugensi Penyusunan Pedoman Teknis Dalam Mewujudkan Pilkada yang Kredibel dan Aman, oleh Komisioner KPU Provinsi Sulut Vivi George.

Geoge memaparkan serta mengurai soal landasan hukum tentang penyusunan pedoman teknis pemilukada serta hal lain yang bersangkutan.

Menutup pemaparannya George berharap pedoman nanti dapat di jalankan oleh para partai politik dan seluruh peserta yang terlibat dalam pimilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Tahun 2018.

Sementara itu Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon dikesempatan tersebut menambahkan bahwa sebenarnya penyusunan kegiatan pedoman ini telah berlangsung dari bulan Januari, seperti uji perperensi di 6 kabupaten kota yang akan melangsungkan pilkada, setelah itu kita melaksanakan kegiatan seperti ini dengan menggundang pihak terkait yang notabene telah berpengalaman dalam menghadapi pilkada sebelumnya.

(*red01)

Author: editorialsulutnews.com

Portal Berita Online di Sulawesi Utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s