Ivansa buka festifal Bukit Kasih Kanonang

ESN – Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang (Ivansa) membuka Pelaksanaan Festival Bukit Kasih (FBK) yang di gelar dalam rangkah menunjang Pesona Minahasa 2017. FBK ini di gelar di Obyek Wisata Bukit Kasih Kanonang Kawangkoan Barat tanggal 27-28 Juli 2017.

Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Agustifo Tumundo mengatakan, FBK ini akan memperlombakan 4 (jenis) seni dan budaya daerah Minahasa, meliputi Lomba Tarian Maengket, Lomba Tarian Katrili, Lomba Musik Bambu dan Lomba Musik Kolintang.

Tumundo didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan menambahkan bahwa Lomba Tarian Maengket akan diikuti oleh utusan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa dimana tiap peserta wajib membawa 2 (dua) babak.

Sementara untuk Lomba Tarian Katrili akan diikuti oleh utusan siswa SMP, SMA dan SMK se-Kabupten Minahasa dengan membawakan lagu Wals dan Mars.

Sedangkan untuk Lomba Musik Bambu akan diikuti oleh Kelompok Musik Bambu umum yang berada di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib “O Ina Ni Keke” dan lagu pilihan bebas daerah atau nasional.

Dan untuk Lomba Musik Kolintang akan diikuti oleh Kelompok Musik Kolintang umum di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib bebas daerah dan lagu pilihan bebas.

Sementara untuk hadiah yang disiapkan, menurut Kepala Bidang Pariwisata Diane Najoan selaku Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia Joppy Jerry Rarung meliputi Trophy Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, Trophy Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Robby Korengkeng, Trophy Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Olga Sajow-Singkoh, Trophy Ketua DWP Minahasa Ny Seeve Korengkeng-Warouw dan Trophy Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo, dengan Uang Tunai total nilai sejumlah Rp 50 Juta.

Selanjutnya sambutan kepala dinas Pariwisata dan Budaya Sulut Daniel Mewengkang mengajak kepada semua pihak untuk melestarikan budaya Minahasa sebagai identitas yang menandakan bahwa kita tak terpecah-pecah.

” Kembangkan budaya untuk pariwisata. Budaya merupakan kekayaan yang mampu memperkenalkan Minahasa dan Sulut bahkan Indonesia kepada dunia internasional ,” terang kadis.

Sementara itu Wakil Bupati Minahasa Ivansa, saat membacakan sambutan Bupati Minahasa, mengatakan melalui kegiatan ini di harapkan Minahasa mampu mempromosikan potensi wisata dan budaya dalam rangkah menunjang kebangkitan pariwisata Sulut sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

” Sektor pariwisata di yakini akan mampu mendongkrak industri lainnya dalam rangkah peningkatan kesejateraan masyarakat. Apalagi kegiatan ini terkait dengan program Pesona Minahasa yang telah bergulir sejak Januari hingga Desember 2017 ,” ucap Ivansa, yang d lanjutkan dengan pembukaan di tandai dengan pemukulan tetengkoren.

Pada kesempatan itu Wabup juga menyampaikan rasa terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah mempersiapkan segala sesuatunya demi suksesnya kegiatan ini demikian juga kepada seluruh peserta yang turut serta dalam kegiatan ini. 

(*red01)

Author: editorialsulutnews.com

Portal Berita Online di Sulawesi Utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s