Disambut JWS, Sri Sultan Hamengkubuwono ke-X buka Munas KKJI di Kampung Jawa, Tondano

ESN – Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) Jumat hari ini (30/6/2017) menyambut kedatangan Bendara Raden Mas Herjuno Darpito atau Sri Sultan Hamengkubuwono ke-X di Kelurahan Kampung Jawa Tondano, Kabupaten Minahasa.

Kedatangan Sri Sultan yang turut didampingi sang istri yakni Kanjeng Ratu Hemas ke Kampung Jawa, Tondano untuk membuka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Kerukunan Keluarga Kampung Jawa Tondano Indonesia (KKJI) ke-II, yang akan berlangsung 30 Juni – 1 Juli 2017.

Bupati JWS, saat menyampaikan sambutannya, memberikan apreseasi untuk Panitia KKJI, atas pelaksanaan Munas KKJI di Kampung Jawa Tondano. ” Saya berharap Munas KKJI ini dapat memberi pesan kepada dunia bahwa, tanah Minahasa menjadi surga bagi kerukunan di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Sri Sultan ketika menyampaikan sambutannya mengatakan, dirinya beserta sang istri merasa bersyukur, bisa berada di Kelurahan Kampung Jawa Tondano. ” Berada di Kampung Jawa Tondano ini, saya dan istri merasa bagaikan berada di keluarga sendiri,” ujar Sri Sultan.

Diapun juga merasa bangga dengan toleransi yang terbangun di tanah Minahasa, khususnya di Kelurahan Kampung Jawa Tondano, dimana meski dikelilingi mayoritas pemeluk Nasrani, namun saat bulan puasa, masyarakat Kampung Jawa Tondano bisa melaksanakan ibadah dengan khusuk.

” Ini sungguh luar biasa, oleh sebab itu, kami bukan saja merasa bahagia berada di Kampung Jawa ini, namun sangat merasa bangga karena kehidupan beragamanya begitu harmoni dan bertoleransi,” puji Gubernur Daerah Istimewa Jogyakarta ini.

Diakhir sambutannya, terkait Munas KKJI, Sri Sultan berharap, Munas ini bisa menghasilkan kepemimpinan yang kompak, agar sejarah kelahiran KKJI di Tondano bisa berkelanjutan. ” Dan yang paling penting, organisasi KKJI tidak menjadi organisasi partisan, yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan Pilkada,” pungkasnya.

Ketua Umum KKJI, Harly Kyai Demak mengatakan, Munas KKJI ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari 32 Provinsi se- Indonesia, dimana tujuan dilaksanakannya Munas ini untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Kampung Jawa Tondano yang tersebar di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam pembukaan Munas KKJI ke-II yang diikuti peserta utusan 32 Provinsi se-Indonesia yakni, Ketua Umum KKJI Ali Hardi Kyai Demak, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Bambang Waskito, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakil Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulut, John Palandung, Pangdam 13 Merdeka Mayor Jendral TNI Ganip Warsito, serta Mantan Bupati Gorontalo David Bobihu.

(Marcel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s