Mangala : Sesuai peraturan Bupati, meski menang Pilhut tapi terbukti Money Politik tidak akan dilantik

ESN – Pemkab Minahasa tidak tinggal diam atas adanya laporan dari sejumlah pihak yang menyebutkan terjadinya money politik dalam proses pemilihan hukum tua di sejumlah desa penyelenggara Pilhut.

Hal ini ditegaskan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Denny Mangala kepada ESN saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (4/5/2017).

” Laporan termasuk bukti telah kami terima oleh pelapor, tapi tidak serta merta hasilnya kami batalkan, karena kami tentu harus cross check dulu benar tidaknya laporan dan bukti tersebut,” ujar Mangala

Lanjut dia, saat ini tim panitia Kabupaten sudah sementara melakukan investigasi langsung di desa terlapor untuk membuktikan apakah benar telah terjadi money politik.

” Karena jika benar maka pihak panitia tetap berpegang pada peraturan Bupati soal Pilhut, dimana jika ada calon yang terbukti money politik dan menang, tidak akan dilantik,” tegasnya.

Sementara itu, untuk desa yang tidak bermasalah dan telah melakukan proses Pilhut secara Jurdil dan Demokratis akan segera dilakukan pelantikan, dimana pelantikan akan dilakukan oleh Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) di masing-masing desa.

” Pelantikan akan mulai dilakukan pada tanggal 8 Mei 2017 di enam desa yakni masing-masing Desa Tonsea Lama, Desa Suluan, Desa Kembes 1, Desa Kamangta, Desa Tombuluan dan Desa Pineleng II,” pungkasnya.

(Marcel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s