Peringati Hardiknas, Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa gelar Pameran Pendidikan

 

ESN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa menggelar Pameran Pendidikan, Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2017 bertempat di Taman God Bless Minahasa Tondano City, Lapangan DR Sam Ratulangi Tondano.

Kegiatan ini dibuka pelaksanaannya secara resmi oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Minahasa DR Olga Sajow-Singkoh MHum, Danramil Tondano Saragih, Ketua FKUB Minahasa Pdt Evert Tangel STh MPdk, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru-Guru serta Siswa-siswi se-Kabupaten Minahasa.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Drs Arody A Tangkere MAP, dalam laporannya mengatakan, tema Hardiknas tahun 2017 ini yakni “Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas”. Menurutnya, tahun ini berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memperingati Hardiknas diantaranya, Pameran Pendidikan yang diikuti Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan Sekolah, dengan mengisi stand masing-masing berbagai potensi wilayah dan berbagai peraga pendidikan dan keterampilan dari siswa dan guru.

“Selain itu, ada juga kegiatan kesenian seperti, Paduan Suara dan Vokal Group, serta Bintang Vokalia tingkat SMA/SMK, SMP dan SD. Untuk Bintang Vokalia melombakan lagu khusus ciptaan Bupati JWS dengan judul “Guru Teladanku. Ada pula Idol Guru dan Pidato Bahasa Inggris,” terang Tangkere.

Lanjut dikatakannya, selain lomba kesenian, ada pula lomba olahraga yakni tiga cabang olahraga. Pertama, cabang O2SN Tingkat SMP seperi Pencak Silat, Karate, Bulutangkis, Renang, Atletik. Kemudian kedua yakni cabang umum meliputi, Bola Voli tingkat SMA/SMK, SMP dan SD. Ketiga, Bola Voli khusus ASN antar Kecamatan, Bulutangkis Khusus ASN, Tenis Meja Tingkat SMA/SMK, SMP dan SD, lomba Gerak dan Lagu khusus TK.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 2 Mei hingga 5 Mei 2017 mendatang,” pungkasnya.

Sementara, Bupati JWS dalam sambutannya berharap kedepan ada juga lomba dram band. Sehingga, dirinya
meminta masing-masing sekolah di Minahasa harus mempunyai alat-alat drum band.

JWS juga menyampaikan bahwa, tahun 2018 mendatang, ujian sekolah akan di adakan dalam dua bentuk yakni, ujian tulisan dan ujian dengan menggunakan komputer. Untuk itu, dirinya meminta agar anak-anak didik dapat menggunakan teknologi dan guru-guru juga harus tau menggunakan komputer.

“Saya mengajak kita semua untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti yang dilakukan hari ini untuk anak-anak kita, agar mereka lebih kreatif dan tetap terus mengandalkan Tuhan dalam segala hal,” pungkas JWS sembari melakukan pemukulan tetengkoren dan melepas balon sebagai tanda rangkaian kegiatan telah di buka secara resmi.

Acara pembukaan ini juga diisi dengan sejumlah pementasan seperti, Tarian Kreatif dari siswa-siswa SD Inpres Liningaan, kemudian Solo dari siswi SMA N 3 Tondano Klara Kawuwung dengan menyanyikan lagu “Guru Teladanku” yang merupakan ciptaan dari Bupati Minahasa JWS, kemudian selanjutnya melepas Pawai Bocah dan Gerak Jalan dari SD, SMP dan SMA/ SMK sederajat.

(Marcel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s