Advertorial : Spektakuler Perayaan Paskah Nasional Di Tondano

ESN – Usai sukses menjadi tuan rumah perayaan Natal Nasional yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, pada bulan Desember 2016 lalu, kali ini Kabupaten Minahasa kembali menjadi tuan rumah kegiatan Paskah Nasional 2017 yang telah berlangsung spektakuler pada hari Sabtu (22/4/2017). Menteri Hukum dan Ham RI Yasona Laoly hadir mewakili Presiden Joko Widodo.

Menteri Hukum dan Ham RI Yasona Laoly diapit Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS)

Kegiatan Paskah Nasional di Minahasa diawali dengan sejumlah kegiatan seminar, yakni seminar yang pertama bertajuk “National Christian Leader Summit 2017″ yang berlangsung di Gereja Sentrum Tondano. Seminar ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng dan dihadiri sejumlah pimpinan Sinode se-Indonesia, Tokoh Masyarakat, Anggota Legislatif, dan para tokoh-tokoh pemuda se- Indonesia.

Sekda Jeffry Korengkeng saat menyambut para peserta seminar di Gereja GMIM Sentrum, Tondano

Seminar berikutnya yakni “Minahasa Contribution on Peace and Harmony” yang berlangsung di Gereja GMIM Riedel Tondano yang diikuti oleh kurang lebih seratusan pimpinan gereja lokal, para budayawan serta akademisi yang dilanjutkan dengan kegiatan ” Sharing Experience International Participants” yang berlangsung di MOI Resto Tondano.

Kegiatan spektakuler lainnya yang ikut meramaikan Paskah Nasional di Tondano, yakni Pawai Kendaraan Paskah yang mengambil start di Benteng Moraya dan Finish di Stadion Maesa, Sasaran Tondano. Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandow turut hadir dan melepas para peserta Pawai Paskah.

Usai Pawai Paskah, dilanjutkan dengan Ibadah Agung Perayaan Paskah Nasional dan Pekan Kerukunan Nasional Tahun 2017 yang digelar di Stadion Maesa Tondano.

Paskah Nasional yang mengangkat tema, “Torang Samua Ciptaan Tuhan”, dengan sub tema, “Ziarah Keadilan dan Perdamaian Menuju Indonesia Hebat dan Sejahtera” ini, diawali dengan sambutan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS)

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) saat menyampaikan sambutan

JWS menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas kepercayaannya, sehingga Kabupaten Minahasa, khususnya Kota Tondano bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan Ibadah Agung Paskah Nasional dan Pekan Kerukunan Nasional tahun 2017.

Usai sambutan JWS dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Obor Paskah Nasional, yang diawali dengan iringan pembawa obor Paskah Nasional ke-13 untuk diserahkan kepada Bupati JWS, Ketua Sinode GMIM Pdt HWB Sumakul dan Ketua Lembaga Paskah Nasional Pdt Sefard Supit, yang kemudian diserahkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna Laoly untuk kemudian memasang Obor Paskah utama, didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE.

 

Usai prosesi pemasangan obor Paskah, dilanjutkan dengan Ibadah Paskah yang dipimpin pembawa Liturgi Pdt Evert Tangel, Ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama Kabupaten Minahasa dan dilanjutkan dengan khotbah oleh Pdt Steven Tong.

Pdt Tong dalam khotbahnya menyampaikan kebangkitan Kristus membawa pengharapan bagi orang Kristen. Bagi yang percaya didalam nama-Nya beroleh kemerdekaan, karena Dia telah mengalahkan kuasa maut, sehingga maut tidak berkuasa atas manusia. Kematian dan kebangkitan Kristus tidak dapat ditandingi oleh siapapun, tubuh dan darah-Nya telah dialiri untuk menebus dosa Manusia.

Pendeta Steven Tong saat membawakan Khotbahnya.

Selanjutnya, usai khotbah, Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoly saat membacakan Sambutan Presiden Joko Widodo mengatakan, perayaan Paskah merupakan momentum memperbaiki segala masalah yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Paskah bukan hanya soal pengorbanan Kristus, kematian, kebangkitan serta penebusan akan dosa, tetapi juga harus diimpelmentasikan untuk meningkatkan kinerja, memperbaiki diri demi pembaharuan hidup sambil terus menebar bibit perdamaian ditengah perbedaan, landaskan kasih dalam keberagaman hidup dan jadikan Pancasila sebagai dasar hidup bernegara,” ujar Laoly.

Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoly saat membacakan sambutan Paskah Presiden RI Joko Widodo

Dalam Ibadah Agung Paskah kali ini juga turut diisi dengan ucapan selamat paskah dari Pemerintah serta dari perwakilan gereja-gereja yang diwakili Rev Johny Toni Para dari EKHN Jerman, Rev Jurgen Reichel dari EMS Stuttgard2, Rev Mathews George dari CCA General Secretary (Sekjen Dewan Gereja-Gereja ASIA, red) dan selanjutnya Wakil Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (World Council of Churches) serta Pdt Ester Pudjo Widiasih, yang disampaikan secara berurutan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat mengawali pembacaan ucapan selamat Paskah

Acara Ibadah Agung Paskah dan Pekan Kerukunan Nasional Tahun 2017 diakhiri dengan pementasan Drama yang bercerita tentang sejarah kedatangan Penginjil Johann Friedrich Riedel utusan Belanda asal Jerman di tanah Minahasa tahun 1831, yang diperankan para seniman yang berasal dari Institut Kesenian Jakarta serta para seniman lokal. Pagelaran Drama ini disutradarai Remmy Silado.

(Advertorial Ads)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s