Pemkab Minahasa gelar Musrembang RKPD 2018. JWS : Kita lakukan apa yang masyarakat inginkan

ESN – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018, Pemerintah Kabupaten melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Minahasa, melaksanakan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) tingkat Kabupaten, di aula Pusgiat Tondano, Kamis (30/3/2017) kemarin.

Kepala Bappelitbangda Minahasa Donald Wagey saat membacakan laporan penyelenggaraan kegiatan mengatakan, Musrenbang tingkat kabupaten merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan partisipatif yang dimulai dari tingkat desa/ kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten/ kota.

“Ada beberapa poin pokok yang jadi tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD, salah satunya untuk menyeleraskan arah kebijakan pemerintah daerah dengan sasaran pembangunan ditingkat provinsi,” ujar Wagey.

Sementara itu, Bupati JWS dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan Musrenbang ini akan menjadi tolak ukur peningkatan kesejahtreaan masyarakat, khususnya dalam menunjang program Pemerintah Provinsi Sulut yaitu Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

“Intinya apa yang menjadi keinginan rakyat itu yang kita lakukan,” singkatnya.

Lebih jauh diungkapkannya, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, Pemkab Minahasa terus melakukan berbagai program pro rakyat. Karena arah pembangunan nahwa cita semua menuju pada kesejahteraan masyarakat.

“Makanya pembangunan infrastruktur terus kita lakukan, karena itu salah satu cara mendongkrak perekonomian masyarakat. Petani sekarang tak lagi kesulitan karena infrasruktur jalan sudah semakin baik. Jadi intinya, saat kita membangun sesuatu, implikasinya harus dilakukan,” tandas JWS.

Mengakhiri acara, dilakukan pula penandatanganan kesepakatan Musrenbang yang diwakili sejumlah pihak terkait. Adapun kegiatan Musrenbang RKPD ini turut dihadiri pihak DPRD Minahasa, Forkopimda, lintas lembaga vertikal diantaranya Kemenag dan BPJS, LSM dan perwakilan organisasi masyarakat, serta para pejabat dilingkup Pemkab Minahasa.

(Marcel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s