ASN di Minahasa wajib ganti LPG 3kg ke 5,5 kg

ESN – Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, yang menggunakan tabung gas LPG 3 Kg subsidi pemerintah, diwajibkan beralih menggunakan LPG Bright Gas 5,5 Kilogram (Kg).

Hal ini ditegaskan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) saat membawakan sambutan di acara Sinergi PT Pertamina (Persero) dan Pemkab Minahasa dalam penggunaan LPG Bright Gas 5,5 Kg bagi ASN, bertempat di halaman parkir Kantor Bupati, Selasa (21/03/2017).

“Semua ASN di Minahasa wajib menggunakan Bright Gas 5,5 Kg. Jangan ada yang menggunakan gas ukuran 3 Kg karena itu jatah warga yang kurang mampu yang disubsidi pemerintah. Apalagi saat ini Pemkab Minahasa telah menaikkan TKD (Tunjangan Kinerja Daerah, red) untuk semua ASN di Minahasa. Jadi, semua ASN di Pemkab Minahasa wajib mensukseskan program pemerintah ini,” imbuhnya.

Menurutnya lagi, masyarakat ekonomi kelas menengah dan pelaku usaha harus sadar bahwa gas ukuran tiga kilogram sebenarnya dikhususkan untuk masyarakat miskin. “Pemkab Minahasa mendukung program penggunaan gas ukuran 5,5 Kg yang tidak disubsidi pemerintah ini,” tukasnya.

Sementara, Marketing Branch PT Pertamina Suluttenggo Gunawan Wibisono menjelaskan, pihaknya mendorong masyarakat ekonomi menengah dan pelaku usaha untuk menggunakan Brightgas ukuran 5,5 Kg.  Sebab, pengguna gas ukuran tiga kilogram hanya dikhususkan untuk masyarakat miskin.

“Kegiatan ini bertujuan mengajak warga ekonomi kelas menengah dan pelaku usaha agar tidak lagi menggunakan gas ukuran 3 Kg. Kemudahan yang diberikan adalah masyarakat bisa menukar dua tabung gas kosong ukuran tiga kilogram ditambah uang Rp110.000 dengan satu tabung Bright Gas isi 5,5 Kg dan kemudahannya Brigth Gas ini akan dijual di outlet modern dan ada 400 pangakalan yang tersebar di Minahasa,” ujarnya.

Namun demikian, meski telah meluncurkan Bright Gas ukuran 5 Kg, pihak Pertamina tidak akan mengurangi kuota gas ukuran 3 Kg.

“Pertamina menargetkan di Suluttenggo hanya satu sampai dua persen pengguna gas ukuran tiga kilogram bisa beralih menggunakan Brightgas 5 Kg,” pungkasnya.

Turut hadir dalam launching ini, Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr Denny Mangala MSi, para Ataf Ahli, para Kepala SKPD, Kepala Gagian Setdakab Minahasa, Camat se-Kabupaten Minahasa dan undangan lainnya, dengan koordinator acara Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Minahasa Mekry J Sondey.

Launching juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis tabung Bright Gas 5,5 Kg kepada pembeli pertama Teddy kamagi dan Claudia Siwi. Dilanjutkan dengan penjualan tabung 5.5 Kg oleh PT Pertamina dan direspon dengan antusias oleh ASN sebagai pembeli.

(Marcel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s