Epe divonis 4 tahun 6 bulan, denda Rp 200 juta

ESN – Mantan Walikota Tomohon Jefferson SM Rumajar (Epe) dalam sidang putusan atas kasus korupsi APBD Kota Tomohon 2009-2010 yang berlangsung Jumat hari ini (8/1/16) di Pengadilan Negeri Manado, divonis 4 tahun 6 bulan dengan denda Rp 200 juta.

Sidang putusan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini dipimpin oleh Hakim ketua Aminal Umum SH MH, ‎Hakim anggota Vincentius Banar SH MH, Darius Naftali SH MH, Wennynanda SH, Nich Samara SH MH.

Putusan Epe ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 10 tahun. Selain dikenakan hukuman badan, Epe yang hadir dipersidangan dengan mengenakan kemeja putih dipadu dengan celana hitam ini juga diwajibkan membayar ganti rugi kurang lebih Rp 19 Miliard subsider 1 tahun penjara.

Ditemui ESN usai pembacaan putusan, Epe mengatakan atas putusan ini dia menganggap kasusnya telah selesai dan tinggal menunggu langkah KPK selanjutnya karena berdasarkan putusan hakim dia hanya terbukti menyalah gunakan keuangan negara sebesar kurang lebih Rp 19 Miliard dari yang disangkakan Rp 70 Miliard.

” jadi saat ini ada sekitar Rp 51 Miliard uang negara yang raib, jadi saya berharap KPK juga bisa melakukan penyelidikan agar orang-orang yang menikmati juga bisa diproses hukum,” ujar Epe.

20160108_121537

Sementara itu,  Budi Nugraha salah satu Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK ditemui sejumlah wartawan usai persidangan memgatakan pihaknya masih akan pikir pikir terlebih dahulu apakah akan melakukan banding atau tidak atas putusan hakim.

” ini kan punya waktu 7 hari, kita akan pikir pikir dahulu, kita akan laporkan dulu. Soal tidak puas sih iya, karena memang putusan ini jauh dari tuntutan kami,” pungkas Nugraha.

Untuk diketahui putusan Epe ini mengacu pada pasal 2 ayat 1, jo pasal 18 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 jo pasal 55, ayat (1) ke-1 KUHP, jo pasal 65 ayat (1) KUHP jo pasal 5 ayat (1) huruf a UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 jo pasal pasal 71, KUHP.

(Red01)

Advertisements

There is one comment

  1. Wimpie Wola

    Perbuatannya masuk dalam sejarah Kota Tomohon kemudian, pelajaran buat pejabat-pejabat berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s