Kapal harta karun Spanyol bernilai Rp 41,3 triliun jadi rebutan

ESN – Pemerintah Kolombia mengumumkan berhasil menemukan bangkai kapal dagang Spanyol dari abad ke-17 di perairan Cartagena. Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menyatakan kapal itu berisi ribuan koin emas, perhiasan, serta benda-benda berharga.

Perusahaan Sea Search Armada asal Amerika Serikat memperkirakan nilai kapal beserta seluruh isinya senilai USD 3 miliar (setara Rp 41,3 triliun). Itupun taksiran harganya sudah menurun tajam ketika sekarang harga perak sedang anjlok. Banyak peralatan di kapal itu, termasuk meriam, yang bersepuh perak.

“Ini adalah harta karun paling berharga dalam sejarah umat manusia,” kata Presiden Santos seperti dilansir ABC Net, Selasa (8/12).

Kapal jenis Galleon itu bernama San Jose, utusan resmi Raja Phillip V melayani perdagangan Kerajaan Spanyol di rute Karibia dan Amerika Latin. Pada Juni 1708, kapal ini terlibat pertempuran dengan armada Kerajaan Inggris. San Jose kalah telak, sehingga akhirnya karam.

Presiden Santos mengatakan Kolombia akan merawat harta karun tersebut, meletakkannya ke sebuah museum. Namun, bangkai kapal San Jose rupanya menjadi rebutan.

SSA dan Pemerintah Kolombia ternyata tidak akur soal siapa yang berhak. SSA merasa merekalah yang berjuang mencari lokasi San Jose sejak 1980-an. Tapi keputusan pengadilan empat tahun lalu mengatakan keberadaan kapal itu sepenuhnya milik Kolombia.

Belakangan, ketika kabar penemuan bangkai kapal penuh harta itu merebak, di Twitter beredar tanda pagar #GaleonSanJose. Para pengguna Twitter di Kolombia berdebat, apakah negara mereka berhak atas kapal itu. Sebab San Jose sebetulnya milik Spanyol, sehingga harta karun ini wajib dikembalikan ke negara asalnya.

Laut Karibia diperkirakan memiliki bangkai kapal terpadat di dunia. Ada lebih dari seribu kapal karam, diperkirkaan 10 adalah kapal kargo yang memuat harta karun nyaris tak ternilai, seperti San Jose.

(mrdk.cm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s