Pasar beriman, pasar tujuan wisata sekaligus “tambang” Korupsi menggiurkan!!

ESN- Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Beriman Kota Tomohon? sejak dahulu pasar ini terkenal ekstrim karena menjual beraneka macam daging ular,babi hutan, kelelawar, tikus, anjing, kucing, babi dan kera. Tidak heran pasar beriman Kota Tomohon selalu menjadi tujuan wisata Favorite para turis lokal maupun Mancanegara.

Tapi siapa sangka, pasar yang dibangga banggakan oleh pemerintah Kota Tomohon selama 5 tahun terakhir diera kepemimpinan Walikota Jimmy F Eman ternyata tidak bisa memberikan kontribusi apa apa bagi Kota Tomohon! Tidak sepeserpun duit retribusi yang dihasilkan disetorkan ke kas daerah! semuanya dirampok!dijarah!dan dikuras habis oleh mereka yang pernah dipercaya mengelola pasar beriman Kota Tomohon.

Fakta yang terungkap baru baru ini, perbulan PD Pasar Tomohon ternyata bisa menghasilkan duit retribusi lebih dari 100 juta Rupiah. Jika dikalkulasi pertahun ada kurang lebih 1,2 Miliard Rupiah uang yang dihasilkan, dikalkulasi lagi selama 5 tahun, ada kurang lebih 6 Miliard Rupiah duit retribusi yang seharusnya sudah disetorkan ke kas daerah.Tapi faktanya? semua duit yang dihasilkan tersebut lenyap tak berbekas!

Berdasarkan fakta tersebut, sebenarnya mudah bagi Polisi dan Jaksa untuk melakukan penyelidikan dugaan Korupsi di PD Pasar Tomohon ini, tapi entah mengapah kedua institusi penegak hukum tersebut sepertinya enggan dan hanya membiarkan pasar Beriman Kota Tomohon menjadi lokasi “tambang” korupsi yang menggiurkan!

Apakah karena mereka (Piet Pungus, Nita Wenur dan Pdt Apow) yang pernah menjadi pengelola pasar Beriman adalah dedengkot partai penguasa di Kota Tomohon (Golkar) sehingga Polisi dan Jaksa menjadi patah nyali? bisa iya bisa tidak! Yang pasti, jika hal ini terus dibiarkan maka jangan salahkan jika nanti masyarakalah yang nanti menjustifikasi dengan tidak membayar lagi retribusi! karena buat apa membayar retribusi di Pasar Beriman jika akhirnya retribusi tersebut hanya masuk ke kantong para perampok?

salam…

(Redaksi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s