Miliaran rupiah dana retribusi PD Pasar Tomohon raib?

ESN – Terungkapnya fakta bahwa selang tiga bulan kepemimpinan plt Direktur PD Pasar Eddie Turang ternyata bisa meraup retribusi pasar Tomohon sebanyak 314 juta rupiah, langsung menimbulkan tanda tanya besar kemana raibnya uang retribusi pasar saat PD Pasar masih dipimpin oleh direktur-direktur sebelumnya.

Jika dikalkulasi selama setahun, paling tidak ada kurang lebih Rp 1,2 Miliard uang yang dihasilkan PD Pasar Tomohon yang bersumber dari retribusi yang ditarik dari para pedagang di pasar Beriman Tomohon.

Jelang 5 tahun kepemimpinan Walikota Tomohon Jimmy F Eman (JFE) setidaknya telah empat kali PD Pasar Tomohon berganti tampuk kepemimpinan, mulai dari Piet Pungus, Nita Wenur, Pdt Apow dan terakhir Eddie Turang.

Dengan demikian berarti secara logika, uang yang telah dihasilkan oleh PD Pasar Tomohon selama dipimpin oleh 4 orang Direktur harusnya sudah lebih dari 5 Miliard Rupiah, yang sudah disetor ke kas daerah sebagai PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Tomohon.

Tapi kenyataanya tidak sepeserpun uang yang dihasilkan oleh PD Pasar yang disetor ke kas daerah, malahan dari keempat direktur, hanya plt direktur Eddie Turang yang bisa “menyimpan” saldo pendapatan sebesar Rp 314 Juta Rupiah, sementara tiga direktur sebelumnya (Nita Wenur cs) kabarnya selalu melaporkan saldo PD Pasar pada posisi nol Rupiah alias nihil.

Koordinator Tomohon Coruption Watch (TCW) Evert Ponggawa ketika dimintai tanggapan mengatakan dirinya menduga telah terjadi korupsi retribusi berjamaah di PD Pasar Tomohon yang berimplikasi terjadinya kerugian kas daerah lebih dari Rp 5 Miliard Rupiah.

“bagaimana mungkin pasar beriman yang ditempati ratusan pedagang tidak bisa memberikan kontribusi PAD bagi Kota Tomohon?ini sangat tidak masuk akal!saya menduga semua uang yang dihasilkan oleh PD Pasar yang jumlahnya miliaran rupiah telah dikorupsi oleh mereka yang pernah menjadi direktur PD Pasar!” sembur Ponggawa.

Lanjut katanya, apa yang telah dicapai oleh plt Direktur Eddie Turang yang bisa menyisakan saldo bersih sebanyak Rp 314 Juta, setidaknya membuka mata semua masyarakat Kota Tomohon bahwa ternyata PD Pasar hanya dalam waktu tiga bulan saja bisa menghasilkan retribusi ratusan juta rupiah.

Diapun mendesak agar dugaan skandal korupsi berjamaah di PD Pasar Tomohon segera diusut oleh aparat berwenang.

” fakta bahwa ada ratusan juta rupiah yang dihasilkan tiap bulan tapi tidak disetorkan ke kas daerah akhirnya bisa terungkap, dan ini harus segera diselidiki oleh pihak kejaksaan maupun kepolisan, kalau perlu KPK harus turun tangan!” tutupnya

(red/marcel)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s